Mohon tunggu...
Anugrah Rahmatulloh
Anugrah Rahmatulloh Mohon Tunggu... Freelance Researcher

Ketika kita membaca, kita membuka jalan. Ketika kita menulis, kita berbagi cerita. Dan ketika kita berbicara, kita merawat ingatan

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Mereka yang Menjaga Budaya Lewat Musik

7 Mei 2020   15:09 Diperbarui: 7 Mei 2020   20:04 122 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mereka yang Menjaga Budaya Lewat Musik
Ilustrasi Musik (sumber: monitor.co.id)

"Kepergian maestro Campursari Indonesia, Didi Kempot pada Selasa pagi lalu mengagetkan banyak pihak. Bagaimana tidak, penyanyi yang dikenal sebagai 'The Godfather of Broken Heart' ini sedang menikmati masa tenarnya yang kembali diraih setelah sekian lama. Bahkan, musik campursari yang ia bawakan bisa diterima oleh semua kalangan. Hal tersebut terbukti dengan munculnya para 'sobat ambyar' yang tidak memandang usia, jenis kelamin, status, dan sebagainya. Kepergiannya merupakan kesedihan bagi kita semua".

Didi Kempot menjadi satu dari sekian musisi yang mengambil jalan berbeda dibanding dengan para musisi pada umumnya.

Saat banyak orang berbondong-bondong menciptakan musik dengan membawa genre pop, rock, RnB, dan sebagainya, beliau tetap bertahan dengan musik campursari yang masih kental dengan sisi tradisional, meskipun campursari sendiri pada dasarnya merupakan inovasi dari musik keroncong langgam dan karawitan (Kobi, 2017: 11).

Selain Didi Kempot, masih banyak lagi musisi yang mengangkat musik daerah berdasarkan latar belakang budaya masing-masing.

Beberapa musisi ada yang bertahan dengan musik tradisionalnya, tidak sedikit pula musisi yang memadukan musik tradisional bersama instrumen serta genre-genre musik modern.

Tentunya, hal ini menjadi salah satu cara masyarakat untuk mempertahankan budaya yang sudah berkembang sejak lama.

Dari Folklor Hingga Menembus Industri: Bagaimana Musik Tradisional Bertahan.

Masyarakat Indonesia tidak pernah lepas dari musik. Melihat situasi saat ini, musik selalu berada dalam sisi kehidupan masyarakat.

Tentu kita sudah tidak asing ketika menemukan orang yang sedang mendengarkan musik sembari melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar, bersih-bersih rumah, bersantai, memasak, dan lainnya.

Sebagian besar dari kita pernah, bahkan sering bernyanyi ketika sedang di kamar mandi, atau ketika menunggu sesuatu hal yang akan dilakukan/didapat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x