Mohon tunggu...
Anugrah Rahmatulloh
Anugrah Rahmatulloh Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Budaya

Ketika kita membaca, kita membuka jalan. Ketika kita menulis, kita berbagi cerita. Dan ketika kita berbicara, kita merawat ingatan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Ramadhan dan Fenomena Branding Produk yang Semakin Menjamur

28 April 2019   15:35 Diperbarui: 28 April 2019   21:55 0 4 2 Mohon Tunggu...
Ramadhan dan Fenomena Branding Produk yang Semakin Menjamur
Produk-produk yang muncul ketika Ramadhan selalu menampilkan ciri tersendiri (Sumber: bingkisanparcel.com) 

Tidak terasa hanya tinggal menghitung minggu, umat Islam akan segera kedatangan bulan yang sangat di tunggu-tunggu setiap tahunnya. Hanya tinggal menghitung hari, bulan penuh berkah akan segera tiba menyapa seluruh muslimin-muslimat yang ada di manapun. 

Ya, sekitar tanggal 5 atau 6 Mei mendatang bulan Ramadhan akan segera tiba dan barang tentu seluruh umat islam wajib melaksanakan puasa.

Ketika bulan Ramadhan tiba, selalu banyak cerita dan kegiatan yang khas dilaksanakan pada bulan ini. Sudah jelas ketika Ramadhan tiba, seluruh umat islam melaksanakan puasa, juga melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan seperti shalat tarawih, tadarus Al-Qur'an juga melaksanakan amalan lainnya.

Selain itu juga banyak kegiatan di luar beribadah yang sering dilakukan masyarakat sembari menunggu waktu berbuka puasa atau sekedar mengisi kegiatan ketika berpuasa, salah satunya ialah "ngabuburit". Kegiatan-kegiatan tersebut sendiri biasanya juga berlangsung disesuaikan dengan corak budaya masyarakat. Sehingga bisa jadi masing-masing kelompok masyarakat memiliki kegiatan atau tradisi tersendiri yang biasa dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba.

Selain beragam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, bulan Ramadhan juga identik dengan menjamurnya produk-produk yang mengangkat Ramadhan sebagai tema yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Bagaimana hari ini kita sudah melihat berbagai iklan produk yang sudah menggunakan bulan Ramadhan sebagai tema dari promosi yang mereka lakukan. 

Bermacam-macam produk yang mengangkat tema Ramadhan juga sudah mulai dipasarkan, bahkan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan tiba. Bagaimana kemudian momen Ramadhan dimanfaatkan secara tepat oleh beragam perusahaan untuk memasarkan produknya

Dari mulai produk makanan dan minuman yang berlomba-lomba mengklaim dirinya sebagai makanan dan minuman yang tepat dikonsumsi ketika waktu berbuka tiba (padahal yang tepat dimakan ketika waktu berbuka puasa adalah kurma sebagai sunnah Rasul, serta gorengan bagi mayoritas masyarakat Indonesia, meskipun secara kesehatan tidak tepat), hingga produk pakaian mulai menjamur. 

Bahkan yang lebih luas lagi, dewasa ini bukan hanya kedua jenis produk diatas saja yang sering menggunakan momen Ramadhan sebagai tema promosi dari perusahaan tersebut.

Dari mulai produk kesehatan, produk kecantikan, bahkan hingga produk-produk perawatan tubuh seperti shampo dan sabun juga tidak mau ketinggalan memasarkan produknya dengan embel-embel Ramadhan sebagai sarana promosi. Kemudian, kebiasaan ini seakan-akan sudah membudaya dan menjadi sesuatu yang biasa dirasakan masyarakat. Bahkan dengan menjamurnya iklan-iklan tersebut seakan-akan menjadi penanda bahwa Ramadhan akan segera tiba.

Muncul kemudian pertanyaan, mengapa kemudian hal tersebut terjadi? Lebih jauh lagi, apa penyebab sehingga menjelang Ramadhan tiba, berbagai perusahaan mengeluarkan produk serta iklan spesial Ramadhan? Serta gejala apa yang terjadi kemudian?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3