Mohon tunggu...
ANUGERAH AILAT
ANUGERAH AILAT Mohon Tunggu... Mahasiswa - PENULIS

MENULIS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sistem Pembayaran SPP Berbasis Web

8 Desember 2021   23:02 Diperbarui: 8 Desember 2021   23:08 29 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Abstrak 

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini semakin pesat yang mencakup semua aspek kehidupan. Salah satu aspek terdampak perkembangan teknologi tersebut adalah pendidikan. terutama penyesuaian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembayaran administrasi SPP. 

Untuk itu, sistem terkomputerisasi berbasis web SENDIRI meningkatkan keakuratan, kecepatan, serta ketetapan dalam pembuatan laporan sehingga mengurangi kesalahan dalam laporan pembayaran.

Kesimpulan dari sistem informasi pembayaran SPP dapat mengelola data siswa, mengelola laporan pembayaran (bulanan dan menunggak), serta mengirim siaran SMS untuk menginformasikan siswa sudah membayar dan mengingatkan pembayaran bagi siswa yang menunggak kepada orang tua/wali. 

Metode Penelitian

Dalam mengidentifikasi, memahami, dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, maka Peneliti menggunakan metode penelitian perancangan yang disertai deskriptif analitis. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara sebagai berikut : 

1. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan membaca, mempelajari dan menyimpulkan berbagai literatur yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. 

2. Penelitian Lapangan (Field Research) Yaitu penelitian yang dilaksanakan pada lokasi perusahaan. Penelitian lapangan terbagi tiga, yaitu : 

a. Pengamatan (Observation) Yaitu melakukan pengamatan yang meliputi kegiatan pemuatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakan seluruh alat indra. 

b. Dokumentasi (Documentation) Yaitu kegiatan dengan mencari data dari dokumen-dokumen yang ada pada perusahaan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. 

c. Kuesioner atau Angket (Questionnaires) Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan mengenai program aplikasi yang dirancang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan