Mohon tunggu...
Apriyanto
Apriyanto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Temukan ciri khasmu.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Aplikasi BRI Mobile Memberikan Banyak Manfaat dan Kemudahan Bagi Nasabah

24 Desember 2017   17:28 Diperbarui: 24 Desember 2017   17:35 5850
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjadi nasabah sebuah bank yang terus mengembangkan layanan untuk memudahkan nasabahnya ternyata memberi banyak keuntungan. Bank BRI yang telah berulang tahun ke-122 telah menjadikan teknologi sebagai bagian dari pelayanan bagi nasabah. Slogan "Melayani Setulus Hati" kini tidak lagi hanya bisa dirasakan ketika datang untuk bertransaksi di kantor Bank BRI; namun juga dirasakan oleh nasabah yang memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan kemudahan - kemudahan layanan.

Keberanian BRI untuk mengembangkan teknologi demi memberikan pelayanan yang lebih baik untuk nasabah menjadi salah satu bukti ketulusan bank milik pemerintah ini. Ketika mayoritas masyarakat Indonesia telah menggunakan telepon pintar atau smartphone sebagai salah satu perangkat yang terlibat dalam kehidupan sehari - hari; BRI mengembangkan aplikasi yang memberi kemudahan bagi nasabah yang merupakan pengguna smartphone untuk mengakses layanan dengan lebih mudah dan praktis tanpa kehilangan unsur keamanan yang diberikan.

BRI Mobile yang pertama kali diluncurkan tahun 2012 telah banyak berkembang dan makin berkualitas. Saya yang termasuk lambat dalam mengikuti perkembangan teknologi baru mengenal dan menggunakan layanan tersebut setelah lebih dari 3 tahun diluncurkan. Untuk seseorang yang kurang suka dengan ketergantungan pada teknologi; harus saya akui ada banyak kemudahan dalam bertransaksi yang bisa diperoleh dari layanan BRI Mobile. Setelah memutuskan untuk juga menggunakan smartphone setelah sebelumnya lebih memilih telepon genggam konvensional dengan hanya mengandalkan telepon dan pesan singkat; akhirnya saya mulai berkenalan dengan smartphone dan mulai menambahkan aplikasi satu demi satu seiring dengan kebutuhan ataupun datangnya kesulitan yang butuh solusi dan ternyata saya berhasil mendapatkannya berkat bantuan teknologi smartphone.

Kebutuhan untuk melakukan transaksi dengan cepat dan praktis menjadi alasan mengapa saya memilih untuk mengunduh aplikasi BRI Moble dari Google Playstore. Sebagai seseorang yang tidak begitu tertarik dan banyak menggunakan teknologi kekinian; BRI Mobile terbilang cukup mudah untuk saya pahami dan operasikan. Aplikasi ini ternyata bisa sangat memudahkan melakukan berbagai transaksi; sesuatu yang sebelumnya tidak terlalu saya pedulikan namun kemudian sangat saya syukuri karena menggunakannya.

Proses untuk menggunakan aplikasi ini memang membutuhkan sedikit usaha ekstra pada awalnya. Setelah mengunduh aplikasi BRI Mobile; langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi dan aktivasi aplikasi tersebut. Cara melakukan registrasi dan aktivasi adalah dengan menggunakan ATM atau mendatangi kantor BRI yang akan dibantu oleh layanan nasabah. Proses ini dilakukan dengan mendaftarkan nomor telepon di smartphone yang digunakan melalui mesin ATM BRI atau dengan bantuan layanan nasabah di kantor BRI.

Setelah melakukan registrasi; aktivasi aplikasi tersebut dilakukan dengan mengisi password yang didapat dari registrasi di ATM atau di kantor BRI. Setelah aplikasi aktif; maka kita dapat menggunakan BRI Mobile untuk melakukan transaksi pembayaran berbagai jenis tagihan. Pembayaran tagihan listrik PLN, telepon TELKOM hingga tagihan air PDAM dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile. Kerepotan mengantri atau mencari ATM tidak lagi harus dialami berkat aplikasi BRI Mobile. Bahkan pembayaran pemesanan tiket juga dapat dilakukan dengan aplikasi tersebut. Membuang banyak waktu untuk berjalan dan mengantre tidak lagi harus saya alami; cukup duduk dan menggunakan sebuah produk teknologi berupa smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi untuk melakukan transaksi keuangan dari BRI Mobile.

Sumber video: Youtube channel BANK BRI

Pengguna aplikasi BRI Mobile dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan berbagai informasi terkait layanan BRI. Menemukan lokasi ATM terdekat bisa sangat dimudahkan dengan menggunakan aplikasi ini; terutama ketika dalam perjalanan dan berada di tempat yang belum kita kenal. Sedangkan informasi mengenai saldo rekening hingga layanan transaksi pembayaran, transfer ataupun pembelian juga dapat dilayani hanya dengan menggunakan perangkat smartphone dengan aplikasi BRI Mobile yang terpasang.

Aplikasi BRI Mobile merupakan bagian dari layanan e-banking yang diberikan oleh Bank BRI dengan menggunakan perangkat smartphone. Sebuah layanan yang muncul dari kemajuan teknologi dan keinginan Bank BRI untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih mudah dan juga lebih praktis. Sebuah layanan yang sebelumnya tidak saya anggap penting; namun kemudian saya sadari memberi banyak manfaat serta berbagai kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan sebagai nasabah BRI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun