Mohon tunggu...
Zariul Antosa
Zariul Antosa Mohon Tunggu... Dosen - LAKI-LAKI

Dilahirkan tahun 21 Juni 1965 di Batusangkar, Tanah Datar , Sumatera Barat. Berbagi untuk meningkatkan kecerdasan dan kemajuan Bangsa di Universitas Riau.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Model Pengembangan Plomp

18 Agustus 2021   00:41 Diperbarui: 18 Agustus 2021   00:50 151 3 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Model Pengembangan Plomp
http://repository.unp.ac.id/26421/1/25%20IJIER%20Yerizon%20Dony%20Cici.pdf

Banyak model penelitian pengembangan yang dapat dipilih untuk melakukan penelitian pengembangan, antara lain adalah model Model Kemp (1994), Model Sistem Dick dan Carey (1990;2000), Model Smith dan Ragan (1993), Model 4 D (1974), Model Borg Dan Gall (1983/2003), Model R-D-R, dan model Plomp (2013) yang berasal dari dari Universitas Twente Belanda . Model penelitian Plomp adalah model pengembangan yang sangat intens dengan sabjek penelitian. 

Diawali dengan pemahaman objek penelitian sampai pada mengetahui keterandalan produk semua nya tergantung kepada subjek penelitian. model pengembangan plom banyak digunakan untuk pengembangan produk-produk pendidikan seperti bahan ajar, media, atau pun pendekatan pembelajaran.

Menurut Plomp paradigma penelitian pengembangan terdiri dari empat paradigma: 

Pertama, paradigma instrumental (instrumental paradigm) yaitu planning-by-objective, atau rencana penelitian yang didasari oleh tujuan. sebelum melakukan penelitian maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis kebutuhan dan mengenali masalah. Rumusan tujuan penelitian merupakan roh dari penelitian. 

Kedua, paradigma komunikatif (communicative paradigm) ialah pelibatan sosial atau lingkungan dalam penelitian, artinya hasil penelitian merupakan konsensus dari berbagai elemen terkait. Proses penelitian ditentukan oleh keterlibatan orang lain yang memiliki pendapat dan persepsi yang beragam tentang objek penelitian pengembangan. Proses penelitian dipengaruhi oleh interaksi sosial antar subjek 

Ketiga,  paradigma pragmatis (pragmatic paradigm) ialah paradigma yangmenempatkan lingkungan sebagai media implementasi hasil pengembangan.  hasil penegembangan dianggap memenuhi kebutuhan jika prototipe yang dikembangkan valid dan eftif digunakan oleh subjek penelitian.  

Keempat,  paradigma artistik (artistic paradigm) artinya penelitian pengembangan berkaitan dengan realitas sosial dimasyarakat berupa aktivitas negosiasi, bersifat subyektif, konstruktif, sesuai dengan perspektif masing masing. 

Penelitian pengembangan model Plomp terdiri dari 3 tahap, yaitu:

a. Tahap penelitiaan pendahuluan (preliminary research)

Tahap prelimanary adalah tahap peneliti melakukan analisis menyuluruh terhadap kebutuhan subjek penelitian seperti karakteristik materi, karakteristik guru dan siswa, saran dan prasarana pembelajaran dan lain-lain

b. Tahap prototype (prototyping phase)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan