Mohon tunggu...
Antonio Prasetyo
Antonio Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Saya mempunya hobi sepakbola, photography dan videography

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Sinyal 4G dan Perkembanganya di Indonesia

12 Agustus 2022   15:08 Diperbarui: 12 Agustus 2022   15:14 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Perkembangan Jaringan 5G di Indonesia dan Keunggulannya

Tahukah anda jika teknologi berupa jaringan 5G di Indonesia, sudah resmi digelar pada pertengahan tahun 2021 kemarin. Tepatnya pada bulan Mei, saat ini Telkomsel meluncurkan Jaringan 5G pertama di Indonesia. Hingga saat ini, setidaknya sudah ada 2 operator seluller besar di Indonesia yang menyediakan layanan internet generasi ke 5 ini di Indonesia.

Sangat menarik untuk menyimak apa saja keunggulan serta manfaat yang mampu dirasakan pengguna internet di Indonesia, berkat adanya jaringan internet canggih layaknya 5G ini. Melalui kesempatan kali ini, berbagai macam informasi menarik dapat anda pelajari. Mulai dari apa itu 5G, perkembangannya di Indonesia, hingga beragam manfaatnya.

Sebelum ada 5G, sebagian besar wilayah di Indonesia mengandalkan komunikasi dengan basis jaringan 4G. 4G memiliki kecepatan transfer data yang diklaim mampu mencapai 500Mbps, jelas sudah anda rasakan sendiri manfaatnya. Perkembangan jaringan 5G yang ada di Indonesia, memang masih sangat dini sehingga belum tersebar ke seluruh wilayah secara merata.

Mengenal Jaringan 5G di Indonesia

Pada bagian pertama ini, akan kami jelaskan dulu apa itu 5G bagi anda yang belum tahu. Secara sederhana, ini adalah teknologi komunikasi yang merupakan generasi ke 5 atau penerus teknologi sebelumnya yang disebut 4G. Lalu apa perbedaan dan fungsi 5G dibanding standar telekomunikasi yang sudah ada sebelumnya, tentu ada banyak hal.

Meski secara umum memiliki konsep serupa, jaringan 5G ini memiliki kinerja yang lebih baik. Kinerja di sini tentu saja meliputi kecepatan pengiriman data lebih tinggi, tingkat latensi sangat rendah dan masih banyak lagi. Menganai manfaat dan keunggulan jaringan komunikasi 5G, akan kami jelaskan lebih lanjut pada salahs satu bagian di bawah nanti.

Hingga akhir tahun 2021, setidaknya sudah ada beberapa kota besar di Indonesia yang sudah dapat menikmati manfaat jaringan 5G ini. Mulai dari wilayah Jabodetabek, Surakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, Balikpapan, Medan dan Batam. Di wilayah-wilayah tersebut, anda sudah bisa menikmati jaringan 5G dengan kecepatan akses berbeda beda.

Inilah Keunggulan Teknologi 5G di Indonesia

Sedangkan untuk provider seluller yang sudah memberikan layanan 5G, sampai saat ini baru pengguna Telkomsel dan Indosat saja yang bisa menikmatinya. Tentu saja perkembangan jaringan 5G di Indonesia, diharapkan bisa semakin merata sehingga mampu memberikan lebih banyak manfaat kepada para penggunanya seperti berikut ini :

  • Memberikan kecepatan akses internet lebih cepat

Secara garis besar, kecepatan transfer data yang lebih baik adalah manfaat utama dari teknologi 5G ini. Sejak adanya teknologi internet generasi pertama sekitar 20 tahun lalu, kecepatan transfer data adalah aspak yang sangat diperhatikan saat mengembangkan generasi berikutnya. Akses internet cepat, tentu sangat mendukung kemajuan teknologi di bidang lain.

  • Memiliki rate latensi jauh lebih rendah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan