Hai Magazine adalah majalah remaja yang pertama kali rilis dan dicetak pada tahun 1977 dan dari sini juga menandai berdirinya Majalah Hai ini sendiri pada masa itu.
Majalah yang awalnya diperuntukan bagi remaja pria ini memiliki konsep dan isi yang menarik sehingga sempat bertahan sampai pada akhirnya pada kira-kira Juni 2017 mereka melakukan Total Transformation berupa perombakan total dengan lebih berfokus pada Hai Online yang sebenarnya sudah mengudara sejak tahun 2000, dan melakukan Total Shutdown untuk majalah rilisan fisik yang padahal pada masanya sangat digemari karena selain menyajikan berita serta informasi juga mereka memberikan beberapa bonus berupa poster, kaset digital, dan lainnya.
Dan kemudian setelah melakukan Total Transformation menjadi Hai Online, apakah Hai Online sekarang ini bisa disebut sebagai new-media dengan beber
apa karakteristik-karakteristik yang sudah tertulis yang didasarkan pada penelitian Lister A.Spol ? Apa yang membuat Hai Online mampu bertahan dan mengudara di dunia Online selama 18 tahun belakangan ini ?
- Digital dan Virtual
Ciri khas atau karakteristik dari media baru yang pertama kali adalah digital. - Maksudnya, semua data dan konten yang ada di dalam media baru sebenarnya merupakan data-data yang bersifat digital dan bukan fisik seperti layaknya media massa yang berupa koran, ataupun yang lainnya.
- Konten digital pada dasarnya adalah data komputer, atau data elektronik yang berupa angka-angka yang dapat diterjemahkan oleh komputer atau perangkat keras yang dapat mengubah data tersebut dapat dipahami oleh pengguna computer. Yang contohnya berupa foto, video, ataupun link penghubung ke suatu aplikasi atau web lainnya. Hai Online sudah mempunyai dan melakukan hal ini dari tahun 2000 dan setelahnya digunakan juga beberapa media sosial sebagai media untuk menyampaikan berita atau informasi pendek selain pada website resmi mereka.
hai.grid.id - Interaktifitas
Di Hai Online disediakan fitur komentar sehingga dapat terlibat langsung dalam proses diskusi atau saling mengomentari sebuah berita atau sebuah komentar dari seseorang tertentu di dalam suatu berita tersebut. Namun interaktifitas di dalam Hai Online sangat rendah karena sedikit sekali bahkan hampir tidak ada yang berkomentar disetiap berita yang disajikan, walaupun sudah diberikan wadah di berita tersebut. - Hipertekstual
Dengan pemberian hastag yang dapat dihubungkan langsung dengan sumber berita utama yang diambil oleh Hai Online, menjadikan Hai Online masuk dalam kategori ini. Selain hastag mereka juga memberikan video yang langsung berhubungan dengan website youtube semisal website tersebut merupakan salah satu sumber pelengkap berita yang mereka sajikan. - Kecepatan, Gratis, Serta Diversifikasi
Ketiga hal ini sudah tidak diragukan lagi keberadaannya dalam Hai Online. Dengan konten yang beragam, cepat, serta free for all nikmat mana lagi yang kau dustakan anak muda ?Dari rata-rata kategori media baru, Hai Online memang sudah berada di kategori media baru namun masih dalam tahap pengembangan yang terus menerus dilakukan dan harus dilakukan, mengingat pangsa pasar mereka adalah anak muda yang mudah sekali bosan jika tampilan berita yang disajikan itu tidak menarik dan itu-itu saja maka harus selalu dilakukan inovasi dari Hai Online agar mereka tetap bisa selalu mengudara dan bertahan di era globalisasi yang selalu berkembang ini. Menurut kalian bagaimana?