Mohon tunggu...
Musik

Tips and Trik Belajar Drum yang Efektif

7 Desember 2018   19:46 Diperbarui: 7 Desember 2018   20:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi kamu drummer pemula yang ingin memperdalam ilmu drumming. Melatih hal-hal dasar setiap hari secara rutin sangatlah penting, pastinya lebih seru jika mempelajari dengan metode yang efektif dan menyenangkan. Jangan takut kesulitan!  Apa saja sih cara efektif belajar drum?

Ada 3 teknik dasar yang sangat penting temen-temen pelajari yaitu:

  1. Rudiments 
    Rudiment/Basic sticking adalah pukulan-pukulan dasar pada permainan drum. Sticking sangat berpengaruh pada permainan drum dan sangat banyak variasainya. Namun, Rudiments yang sering digunakan adalah Single Stroke, Double Stroke dan Parradidle, 3 pukulan basic ini sangat berpengaruh pada permainan drum kalian. Jika kalian tidak mempunyai drum, sticking rudiments pada bantal juga bisa.
  2. Tempo
    Tempo adalah kecepatan yang ada dalam suatu musik/ lagu. Nah, drummer lah yang menjaga tempo ini agar tetap stabil, tempo juga bisa diibaratkan adalah teman dekatnya para drummer. Cara melatih tempo bagi drummer adalah mendengarkan selalu Metronome di setiap latihan drum, agar kalian selalu terjaga kestabilan temponya.
  3. Beat/ Ritme
    Jika kalian sudah mempelajari 2 poin diatas, kalian sudah dapat melatih dan memainkan beat di set drum. Apa itu Beat? Beat adalah kumpulan ketukan yang dihasilkan dari tangan sampai kaki kalian. Membentuk sebuah beat yang lengkap untuk drummer pemula biasanya cukup sulit oleh karena itu mulailah dengan beat yang simpel dan mudah, biasanya hanya bersuara "Duk Tak Duk Tak" dan mulai dengan tempo yang lambat. Jika tidak mempunyai drum kalian dapat melatih di bantal atau kasur untuk hanya sekedar melatih kordinasi tangan kalian.

Selain Teknik dasar diatas, ada beberapa tips cara latihan dirumah yang efektif, diantara lain:

  1. Niat
    Niat adalah pondasi pertama untuk memulai berlatih drum, karena tanpa Niat yang kuat kalian akan mendapatkan kendala terus seperti malas atau menunda. Jadi lebih baik Niatkan dulu sebelum berlatih drum, untuk bermain drumnya lebih enak dan luwes tanpa memikirkan apapun.
  2. Fokus
    Fokus disini adalah berlatih drum dengan serius dan tidak terdistract apapun. Misalnya tidak main handphone dan tidak terdistract apapun.
  3. Latih dari Tempo lambat
    Mulailah berlatih dengan tempo yang lambat misalnya setting metronome temen-temen di BPM 50, jangan langsung di BPM 100. Jika tempo lambat sudah terbiasa pasti perlahan temponya akan menjadi cepat dan akan menjadi fasih, Jadi latihlah dari tempo lambat.
  4. Ketahui apa yang mau dilatih
    Kalian harus tau apa yang mau dilatih dan dipelajari agar fokus untuk mempelajari materi yang kalian inginkan.

Sekian tips dan trik belajar drum dengan teknik yang benar dan latihan yang efektif, semoga bermanfaat bagi temen-temen drummer yang membaca ini, jangan lupa sebarkan artikel ini temen-temen drummer lainnya ya! Agar sama-sama belajar dan saling menebar manfaat!

Keep Drumming! Keep Groovy!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x