Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

11 Prinsip Pendidikan Berbasis Asrama di Pondok Pesantren

8 September 2022   13:43 Diperbarui: 8 September 2022   20:42 203 19 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar : Kegiatan belajar di pondok pesantren Arafah Cendekia (Dok. Pribadi)

Salah satu bentuk pendidikan yang berbasis asrama adalah pondok pesantren, keberadaan pondok pesantren di Indonesia berawal dari adanya da'wah yang dilakukan para waliyullah terhadap masyarakat Indonesia.

Pada perkembangan selanjutnya terbentuklah sistem pendidikan berbasis pesantren yang berkembang sampai saat ini, dapat kita lihat begitu banyak pondok pesantren yang ada di Indonesia.

Sistem pendidikan yang diselenggarakan pondok pesantren tidak terlepas dari asrama yang biasa disebut dengan "kobong", maksudnya kamar-kamar yang disediakan khusus untuk santri yang menimba ilmu dengan berdiam di pesantren selama proses belajarnya, sampai selesai.

Selama di asrama, para santri (siswa pondok pesantren) menimba ilmu melalui pendidikan, mengaji kitab, keteladanan dan pengajaran yang diberikan oleh kyai dan ustadz-ustadz yang mendidik santri dalam kesehariannya.

Mereka secara bersama-sama dibawah bimbingan, arahan dan pengawasan kyai bergiat mengaji, beribadah, makan, minum, tidur, dan beraktivitas kesehariannya ditempat itu.

Mereka juga tidak dibatasi untuk aktif diluar pondok pesantren maupun dimasyarakat, selama kegiatan utama di pondok pesantren tidaklah terganggu dan dapat diikuti dengan baik.

Para santri yang tinggal di asrama juga diperbolehkan untuk mengikuti sekolah formal yang memang tidak tersedia di pondok pesantren dan mengembangkan keilmuan maupun pendidikannya diluar, pondok pesantren menjadi rumah bagi santri-santrinya.

Ada beberapa prinsip yang diterapkan di pondok pesantren kepada para santrinya selama berada di asrama, yaitu 11 prinsip pendidikan berbasis asrama di pondok pesantren yang pada umumnya menjadi kebiasaan dalam sehari-harinya :

1. Pandangan bahwa segala sesuatu semuanya berasal, berproses, dan kembali kepada Allah SWT.

2. Sukarela dalam pengabdian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan