Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ketahui 7 Kegunaan Metode Penelitian Kualitatif

6 September 2022   15:21 Diperbarui: 6 September 2022   21:57 487 25 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Metode penelitian kualitatif merupakan tatanan penelitian yang berlandaskan kepada filsafat post positivisme atau enterpretif, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana seorang peneliti sebagai instrumen kuncinya.

Pada jenis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan datanya dilakukan secara triangulasi yaitu penggabungan dari observasi, wawancara, data-data obyek dan dokumentasi.

Kecenderungan data yang diperoleh bersifat kualitatif, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitiannya bersifat memahami makna, memahami keunikan, mengkonstruksi fenomena dan tentunya menemukan hipotesis.

Apa saja kegunaan metode penelitian kualitatif itu?

Metode penelitian yang satu ini,  memiliki kegunaan yang sangat penting, yuk ketahui 7 kegunaan metode penelitian kualitatif yang bisa dipahami dalam ulasan artikel ini!

1. Memahami proses atau interaksi sosial

Proses kerja dan interaksi sosial yang kompleks hanya akan dapat diurai jikalau peneliti menggunakan penelitian dengan metode kualitatif.

Dengan cara ikut berperan serta, terjun kelapangan, melakukan wawancara mendalam terhadap interaksi sosial tersebut, maka dengan demikian akan dapat ditemukan pola-pola hubungan yang jelas.

2. Memahami perasaan orang lain

Tentunya perasaan orang sulit dimengerti jikalau tidak diteliti dengan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, wawancara yang mendalam, dan observasi akan berperan serta untuk ikut merasakan apa yang dirasakan orang tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan