Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

7 Kebutuhan Manusia yang Harus Tersalurkan

13 April 2022   23:07 Diperbarui: 13 April 2022   23:09 134 25 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat bulan ramadhan, semua kaum muslimin berpuasa seharian penuh yang yang dilaksanakan selama sebulan dan diakhiri dengan perayaan Idul Fitri sebagai puncaknya.

Selama menjalani puasa ramadhan, mereka melakukan taraweh, melaksanakan sahur sebelum datangnya imsak pada waktu shubuh dan berbuka puasa ketika waktu Maghrib tiba.

Biasanya, ketika berbuka puasa berkumpul sekeluarga untuk mencicipi hidangan makanan berbuka yang sudah di siapkan dirumahnya masing-masing.

Terkadang juga, ada kegiatan buka bersama dengan teman-teman lama, bersama rekan kerja, bersama saudara-saudara maupun antar keluarga.

Hal ini, sudah menjadi kebiasaan diantara masyarakat selama bulan ramadhan yang sedang dirayakan bersama. Bersuka cita dan menikmati ibadah puasa pada bulan ramadhan dengan beragam kegiatan yang menumbuhkan motivasi agar bisa melaksanakan ibadah yang satu ini sampai selesai.

Tentunya, manusia adalah sebuah organisme yang terbentuk sedemikian rupa, semenjak lahir dia segera mengalami kebutuhan-kebutuhan yang hanya dapat dipuaskan oleh lingkungannya.

Kebutuhan pertama yaitu semata-mata biologis, seperti kebutuhan akan udara dan makanan. Kebutuhan ini mutlak untuk mempertahankan keseimbangan kondisi fisik dan kimiawi yang oftimal dalam mempertahankan hidupnya.

Timbulnya kebutuhan pribadi dan kebutuhan sosial tambahan yang pemenuhannya diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan emosional.

Sebagai contoh kebutuhan akan rasa aman, mengaktualisasikan diri, dipuji masyarakat, mencapai cita-cita, kebebasan dalam berekspresi, berinteraksi dengan sesama individu dan sebagainya.

Kebutuhan yang tidak terpuaskan akan menimbulkan tegangan-tegangan yang dapat mendorong organisme manusia memulai tindakan untuk mencapai kepuasan agar tersalurkan yang hasilnya akan mengurangi ketegangan itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan