Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Masa Transisi Jabatan dalam Kepemimpinan Kerja

20 Januari 2022   12:23 Diperbarui: 20 Januari 2022   13:51 1540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shutterstock via merdeka.com

Seseorang yang akan diserahi jabatan untuk memimpin sebuah organisasi besar, perusahaan atau lembaga lainnya dalam waktu dekat pasti akan menghadapi masalah transisi psikologis, apalagi jika sama sekali belum pernah menjalankan organisasi yang besar.

Masa transisi jabatan dalam pelaksanaan kepemimpinan di tempat kerja, sangat membutuhkan kesadaran sikap dengan penyikapan yang serius, penuh dedikasi dan konsentrasi dari pejabat yang mendapatkan amanah baru pada organisasinya itu. 

Banyak orang yang menduduki posisi eksekutif tidak menyadari betapa pentingnya proses transisi diperhatikan, yakni dari saat ditunjuk memangku suatu jabatan pimpinan sampai ke saat melaksanakan kinerja secara nyata.

Mereka merasa tidak perlu membuat rencana khusus tentang pelaksanaan wewenang yang segera akan dipangkunya. Akibatnya, mereka tidak dapat memanfaatkan peluang menjalankan tanggungjawab kepemimpinan dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, proses transisi perlu sekali disadari akan arti pentingnya, serta dipelajari dan dipahami secara sistematis, kalau perlu dengan membuat suatu checklist secara khusus.

Dengan demikian, seorang pemimpin akan dapat menjalankan fungsi dan jabatannya pada minggu-minggu pertama yang sangat kritis itu secara jauh lebih we efektif dan efisien.

Proses transisi menjadi semakin penting bagi mereka yang baru memasuki sebuah organisasi besar dan kompleks. Semisal, seorang perwira militer yang ditunjuk sebagai pemimpin menjadi direktur utama pada sebuah perusahaan nasional.

Salah satu hal penting yang pertama harus dikerjakan oleh pemimpin baru adalah mewawancarai pemimpin sebelumnya untuk memperoleh informasi mengenai berbagai macam masalah, pokok perhatian, dan hal-hal penting dalam organisasi.

Ia juga harus mengetahui siapa saja anggota-anggota organisasi terutama sekali yang akan banyak berhubungan secara langsung dengannya.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin adalah mengevaluasi kondisi mereka secara cermat, kalau-kalau ada yang perlu anda panggil, di mutasikan, perlu untuk dipuji atau ditegur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun