Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Lima Langkah Strategi Model Pembelajaran SQ3R

20 November 2021   14:02 Diperbarui: 4 Desember 2021   08:10 338 47 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi suasana belajar di kelas yang interaktif. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Sebuah pembelajaran terjadi karena adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik, pembelajaran juga merupakan proses membelajarkan siswa dengan menggunakan asas-asas pendidikan dan teori belajar yang dapat menentukan tingkat keberhasilannya.

Salah satu strategi guru dalam pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran yang relevan pada setiap jenjang peserta didik, ini menjadi strategi terpenting yang biasa diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.

Model pembelajaran yang menjadi kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dan terencana dalam mengorganisasikan pembelajaran peserta didik sehingga tujuan tercapai secara lebih efektif.

Pendekatan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) merupakan strategi mempelajari teks secara aktif dan mengarah langsung pada intisari atau kandungan-kandungan pokok yang tersirat dan tersurat dalam suatu materi pelajaran.

Keunggulan dari model pembelajaran ini merupakan strategi pemahaman yang membantu siswa untuk berfikir tentang teks yang sedang di pelajari, sangat membantu siswa dalam mendapatkan sesuatu yang pertama kali mereka pelajari.

Sedangkan bagi guru selaku pendidik, mereka dapat membimbing siswa bagaimana cara membaca, memahami dan berfikir tentang materi yang diajarkan layaknya para pembaca yang sudah efektif.

shutterstock via news.detik.com
shutterstock via news.detik.com

Nah, apa saja langkah strategi model pembelajaran SQ3R itu?

Strategi dalam pembelajaran menggunakan model SQ3R, mencakup 5 langkah yang tak terpisahkan, seperti dibawah ini :

1. Survey.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan