Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Bukti Sejarah Tersimpan di Museum Candi Cangkuang

11 Oktober 2021   20:51 Diperbarui: 11 Oktober 2021   22:05 160 19 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https: www.news.okezone.com

Sebuah museum peninggalan masa lalu yang berada di kabupaten Garut, tepatnya di desa Cangkuang sampai sekarang masih terpelihara dengan baik kelestarian dari budaya masa lalu yang tersimpan di tempat ini. 

Ya, bukti sejarah tersimpan di museum candi cangkuang ini. Di sana terdapat berbagai macam benda-benda kuno peninggalan kerajaan terdahulu, dan beberapa bukti penyebaran agama Islam. 

Di sekitar lokasi museum, terdapat pula obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu situ Cangkuang, candi Cangkuang, rumah adat, dan makam keramat syekh Arif Muhammad yang diyakini warga sekitar sebagai tokoh penyebar agama Islam di tempat itu. 

Saat kami berkunjung ketempat ini, untuk bisa masuk ke lokasi harus membayar karcis terdahulu dengan harga yang sangat murah, lalu menaiki rakit yang terbuat dari bambu melintasi danau yang cukup luas dan dalam.

Setelah sampai ke bibir daratan kampung pulo, sepanjang perjalanan kaki menuju museum banyak pedagang yang menjajakan makanan dan berbagai souvenir khas desa Cangkuang.

Dari bibir situ, kita bisa berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang indah, sejuk dan alami, terlewati pula kampung Pulo yang unik dan menarik. 

Di kampung Pulo itu, hanya terdapat 1 mushola lengkap dengan tempat berwudhunya dan 7 rumah adat, yang tidak pernah berkurang ataupun bertambah jumlahnya. 

Pengunjung yang datang bisa bersilaturahmi dahulu dengan kuncen kampung Pulo yang selalu siap siaga setiap harinya, menerima kedatangan para turis baik lokal maupun manca negara.

Setelah selesai menikmati uniknya perkampungan adat, lalu kita akan diarahkan menuju pegunungan kecil menanjak yang diatasnya terdapat bangunan-bangunan museum benda-benda kuno yang dikelola dibawah dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Garut.

Benda-benda masa lalu, tersimpan rapih di museum ini. Mulai dari Al-Qur'an yang terbuat dari kulit kayu, kitab-kitab, bebatuan purbakala dan benda-benda unik lainnya yang asli di dapatkan dari sekitar cangkuang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan