Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Trik Jitu Mengelola Uang Bulanan

9 Oktober 2021   22:54 Diperbarui: 9 Oktober 2021   23:51 132 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar : m.liputan6.com

Mengelola uang bulanan tidaklah mudah, karena harus memikirkan secara matang agar suatu pendapatan yang dihasilkan pada setiap bulannya dapat mencukupi kebutuhan hidup sampai menerimanya kembali pendapatan dibulan selanjutnya. 

Maka, sebaiknya kelola uang bulanan yang di dapatkan pada setiap bulan agar dapat mencukupi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarganya, meskipun penghasilan yang di dapatkan sungguh pas pasan. 

Bagaimana sebaiknya untuk kelola uang bulanan agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi?

Menurut kami, ada beberapa trik jitu mengelola uang bulanan, agar gaji bulanan tetap mencukupi kebutuhan sampai akhir bulan, antara lain : 

1. Gunakan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam jangka waktu sebulan.

Semisal, mengutamakan pembelian beras untuk kebutuhan sebulan penuh, agar kebutuhan makan setiap harinya tetap terjamin sampai tanggal tua sekalipun. 

Setelah membeli beras untuk sebulan penuh, lanjutkan dengan berbelanja sembako dengan perhitungan untuk sebulan penuh, berbelanja bisa disesuaikan dengan kadar daya tahan sembako itu. 

Yang pasti akan mampu mencukupinya untuk kebutuhan sebulan, sehingga nantinya perut akan tetap kenyang meskipun akhir bulan, tanpa harus mencari atau pinjam ke sana kemari. 

Atau bisa pula mensisihkan uang lauk pauk untuk kebutuhan sebulan tanpa di ganggu oleh kebutuhan hidup lainnya, amankan!

2. Hindari keinginan berbelanja barang yang tidak terlalu urgent.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan