Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana, Cara Berbicara dengan Tokoh Masyarakat?

23 September 2021   16:27 Diperbarui: 26 September 2021   20:39 90 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana, Cara Berbicara dengan Tokoh Masyarakat?
Ilustrasi Gambar: www.cnnindonesia.com

Para tokoh masyarakat memiliki posisi yang bisa diterima oleh berbagai kalangan disekitarnya. Mereka bagaikan air yang bisa masuk dan mengikuti bentuk ruang yang di tempatinya. 

Oleh sebab itu, orang yang seperti ini akan senang menjawab setiap pertanyaan dari manapun datangnya tanpa terkecuali. 

Bagaimana, cara berbicara dengan tokoh masyarakat?

Ya, meskipun para tokoh masyarakat cenderung pleksibel dan ahli dalam bertutur kata. Tetap saja saat berhadapan, tentunya anda harus mampu berbicara dan berdialog dengan cara dan gaya bahasa yang khusus dalam menghadapinya. 

Misalnya, ucapan harus bebas, bersahabat dan hangat. Namun harus tetap menghormati mereka, santun dan bersikap jujur ketika mengucapkan kata-kata. 

Ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh para tokoh masyarakat. Misalnya mereka akan lebih terbuka dan cenderung cepat bersahabat kepada semua orang, meskipun itu orang asing. Mereka juga sangat memperhatikan ucapan-ucapan orang lain.

Untuk itu, ketika bergaul dengan mereka hendaknya kita selalu menggunakan kata-kata yang baik. Lontarkan kata-kata pujian dan sanjungan kepada mereka. Sebab orang-orang seperti mereka sangat besar pengaruhnya dan begitu disegani oleh masyarakat sekitarnya.

Akan tetapi kata-kata pujian yang diucapkan kepada mereka jangan sekali-kali dimaksudkan untuk menjilat atau mencari muka. Jika anda secara tulus menghormati mereka dengan tutur kata yang santun, mereka juga akan sangat memperhatikan anda. Bahkan ketika anda sudah lupa, mereka akan tetap mengingatnya.

Memang sosok tokoh masyarakat adalah pribadi yang sangat terbuka untuk berdialog dengan semua orang. Tema yang mereka bicarakan pun tidak terbatas pada persoalan pribadi saja, tetapi juga terhadap hal-hal yang berkenaan dengan masyarakat.

Berkat kepleksibelan itulah, mereka bisa bebicara secara lancar dan di liputi oleh rasa cinta terhadap semua orang tanpa adanya perlakuan diskriminasi terhadap siapapun, selalu terbuka dan mencintai keadilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan