Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Aktivitas Ketika Pensiun Tiba

8 Agustus 2021   00:25 Diperbarui: 8 Agustus 2021   20:15 197 34 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aktivitas Ketika Pensiun Tiba
Gambar: Aktivitas ketika pensiun tiba (www.hellosehat.com)

Masa pensiun sudah pasti akan dialami oleh semua orang yang memiliki pekerjaan tetap semenjak mudanya, ketika usia sudah mulai menua dan masa kerja pun habis maka waktu itulah saatnya untuk berhenti bekerja.

Lantas apa saja yang mesti dilakukan kalau pensiun tiba?

Yuk! Kita ketahui aktivitas ketika pensiun tiba dibawah ini, dijamin waktu senggang yang ada akan lebih berdaya guna dan bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga maupun orang lain.

Resah, gelisah dan galau! mungkin saja terjadi bagi seseorang yang akan memasuki masa pensiun. Perasaan seperti itu tentunya beralasan sekali karena memang banyak hal yang harus ditinggalkan ketika harus memasuki masa pensiun, kecuali jika aktivitas pensiun tiba minimal ada salah satu aktivitas yang dapat kita lakukan.

Bagaimana tidak galau?

Penghasilan yang tadinya selangit bisa diraihnya, setelah pensiun tentu sulit untuk mendapatkannya lagi. Selanjutnya orang yang sudah pensiun (berhenti bekerja) sudah pasti kehilangan mata pencaharian dan aktivitasnya yang biasanya dilakukan secara rutin setiap hari.

Belum lagi hilangnya segudang pekerjaan, kesibukan, posisi, kedudukan maupun kegiatan yang sudah biasa menjadi rutinitasnya, secara mentalitas psikologis tentu harus menerima keputusan yang terjadi dan takdirnya.

Tadinya hidup dipenuhi dengan berbagai aktivitas dan kesibukan bekerja, setelah pensiun semuanya harus ditinggalkan dengan rela dan kembali menghabiskan waktunya lebih banyak bersama keluarga tercinta.

Ya, tentu menjalani masa pensiun ini bukanlah tanpa masalah! Kini muncul masalah baru yang harus diatasi sebaik mungkin terkait dengan perubahan hidup yang di alaminya.

Mulai dari segi penurunan aktivitas, berkurangnya penghasilan, turunnya produktivitas, munculnya rasa sedih, kesepian, timbulnya rasa khawatir, cemas dan tidak jelasnya aktivitas yang akan dilakukan setelah pensiun itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan