Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

9 Manfaat Giat Menulis

10 Juli 2021   13:59 Diperbarui: 10 Juli 2021   20:20 238 32 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
9 Manfaat Giat Menulis
Ilustrasi Gambar: 9 Manfaat Giat Menulis (Sumber: www.pexels.com)

Menulis merupakan kegiatan yang baik dan memiliki manfaat yang sangat besar. Bersifat mengungkapkan, mengeluarkan dan menyampaikan isi dari dalam pikiran kita, perasaan, pengalaman dan pengetahuan dari hasil bacaan maupun lainnya, yang pasti bukan disampaikan dalam bentuk ucapan atau akting.

Kegiatan menulis ini, biasanya disampaikan dalam bentuk catatan yang bisa membuat orang lain memahami apa yang ada dalam perasaan dan pikiran kita tentang sesuatu.

Menulis juga bukanlah sekedar menggambarkan huruf-huruf, merangkai kata, menguntai kalimat tanpa makna dan tujuan. Akan tetapi biasanya ada pesan tersimpan yang di sampaikan melalui tulisan itu. 

Manfaat yang tersimpan dalam aktivitas tulis menulis ini sangat besar dan sangat berguna sekali bagi pelakunya maupun orang lain, siapapun tentunya dapat meraih ke 9 manfaat giat menulis tanpa dibatasi oleh usia maupun statusnya.

Yuk kita ketahui, apa saja 9 manfaat giat menulis itu?

Setelah melakukan analisis tentang tulis menulis, ternyata kegiatan ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi pelaku itu sendiri, yaitu :

1. Menulis dapat melatih dalam mengembangkan ide, gagasan dan pikiran.

Aktivitas yang kita lakukan sebenarnya dapat menjadi suatu karya tulis yang mungkin saja berguna bagi orang lain, semuanya bisa dituangkan kedalam tulisan sesuai judul topik yang ingin kita buatkan.

Misalnya, ketika kita mengunjungi sebuah tempat wisata lantas di ceritakan apa yang kita rasakan, pikirkan, nikmati dan terlihat di lokasi itu gambarkan dalam bentuk uraian kata-kata tertulis yang disertai foto atau video keindahan dari tempat wisata itu.

Menarik atau tidaknya suatu tulisan dapat terlihat dari cara menyusun, menentukan tema, dan ketepatan dalam kata-kata, yang terpenting bagaimana pengemasan cerita yang disampaikan sehingga menjadi sebuah artikel menarik, ulasan yang estetik ataupun karya tulis berkelas sesuai yang dinginkan. 

2. Mengenali kemampuan dan potensi yang ada dalam diri kita secara faktual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x