Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tips Menasihati Orang Lain dengan Baik dan Diterima

4 Juni 2021   15:23 Diperbarui: 29 Juli 2021   23:12 602 42 47 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menasihati Orang Lain dengan Baik dan Diterima
Ilustrasi Gambar : Menasehati orang lain (Sumber: www.mediapria.com)

Setiap orang dituntut untuk mampu hidup secara sosial, bersosialisasi dengan kehidupan nyata baik pada lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, tempat bekerja, maupun tempat-tempat kehidupan sosial lainnya.

Karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang harus senantiasa berinteraksi bersama orang lain dalam rangka mempertahankan hidupnya. 

Senantiasa berikhtiar, berkarir, berusaha, dan keinginan untuk hidup tenang, rasa tentram maupun keinginan menunjukan eksistensi dirinya yang sejati.

Kadangkala menjalani interaksi kehidupan sosial itu tidak selamanya berjalan dengan mulus, seringkali timbul permasalahan yang kadang tidak terduga dan diluar keinginannya.

Mungkin saja disebabkan oleh adanya ketimpangan sosial, perbedaan karakter, perbedaan kebiasaan setiap masing-masing individu atau adanya kesalahan ucap yang disampaikan maupun perbuatan yang telah dilakukan seseorang.

Kesalahan yang dilakukan seseorang kadang-kadang tidak sedikit yang melampaui batas kewajaran, melanggar tata krama, adat maupun budaya. 

Seringkali kejadian itu, mengganggu keselarasan sosial sehingga apabila tidak segera dibenahi justru malah menimbulkan kerugian yang besar bukan hanya menimpa dirinya sendiri akan tetapi berpengaruh terhadap orang yang berada disekitarnya.

Maka diperlukan pengetahuan berupa cara untuk penyelesaiannya, selain keberanian dalam memperbaikinya kita pun semestinya memiliki kemampuan menyadarkan orang lain. Agar tidak terlena, lupa dan nyaman dengan kesalahannya itu. 

Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang merasa bingung cara menasehatinya dan memperbaikinya itu harus bagaimana?

Nah, pada kesempatan ini kami memberanikan diri untuk memberikan tips (cara) agar mampu menasehati orang lain dengan baik dan dapat diterima oleh orang lain.

Tips menasehati orang lain dapat kita gunakan ketika ada orang lain yang memang perlu untuk dinasehati, inilah cara yang dapat anda lakukan saat melaksanakan aksinya :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN