Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Bagaimana Berbicara yang Penuh Percaya Diri di Hadapan Orang Lain?

19 April 2021   09:41 Diperbarui: 19 April 2021   09:56 195 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Berbicara yang Penuh Percaya Diri di Hadapan Orang Lain?
www.pexels.com

Manusia menilai seseorang dilihat dari ucapan dan perbuatannya, jika ucapannya selalu sesuai dengan perbuatan, maka impresi atau kesan orang lain terhadap orang itu akan benar serta tidak perlu diperdebatkan atau diragukan lagi. Barangkali orang yang kata-katanya tidak sesuai dengan perbuatannya adalah orang yang di dalam kepribadiannya terdapat sesuatu yang salah yang mesti direfarasi.

Nah, ketika anda ber-dialog dengan orang lain, hendaknya jangan pernah merasa rendah diri! setinggi apapun derajat orang atau tingkatan orang yang berbicara dengan anda, dia tetap sama dengan anda. 

Menjaga etika dalam berbicara tentunya sangatlah penting dilakukan, namun merasa kurang dengan adanya hal-hal yang berbeda hanya akan membuat anda ragu-ragu dan was-was. Maka andapun tidak akan mampu menyampaikan pembicaraan dengan sempurna, semua yang sudah ada dalam diri serta semua yang anda inginkan, karena semua itu disebabkan adanya rasa kurang percaya diri.

Oleh karena itu, maka harus meyakini bahwa anda adalah sosok yang mempunyai nilai, jika anda merasa pribadi yang tidak mempunyai nilai maka anda tidak akan menjadi diri sendiri, tidak akan bisa mengerjakan apapun yang seharusnya anda kerjakan serta tidak akan dapat mewujudkan apapun yang sebenarnya mampu anda wujudkan melalui komunikasi yang baik.

Tentunya anda bukanlah sosok yang sempurna, tapi sebenarnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, oleh karenanya terkadang seseorang bisa menyimpang dari jalan yang telah digariskan, tidak ada satupun orang yang tidak pernah menyimpang dari jalan yang lurus. Maka yang terpenting kita mengetahui kejalan mana akan kembali dan berusaha untuk tidak menyimpang lagi dari jalan yang telah digariskan itu.

Jika anda mengambil pandangan ini dan penilaian terhadap diri anda diterima, hal itu akan membuat anda tenang. Anda tidak perlu lagi berteriak-teriak untuk mengatakan kepada dunia betapa anda adalah sosok yang hebat dan puas terhadap diri sendiri. Anda akan merasa bahagia  dengan kehidupan, menerima kekurangan serta bangga dengan kemampuan yang ada saat ini.

Yakinlah, bahwa orang-orang yang melihat diri mereka dengan pandangan dan penghormatan yang rendah tidak akan dapat mempelajari seni berbicara yang baik. Mereka juga tidak akan bisa berbicara kecuali dengan terbata-bata. Kosa kata yang digunakan tidak akan dapat diterima, selalu mengandung tuduhan kepada orang lain. Mereka juga akan merasa tertekan dan tidak dicintai oleh orang lain.

Jika anda adalah seseorang dari mereka janganlah merasa gelisah, karena setiap penyakit itu pasti ada obatnya. 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati rasa rendah diri itu, agar dapat merubah diri anda memiliki kemampuan berbicara yang baik, menjadi pembicara yang percaya diri dan dipercayai oleh orang lain, yaitu :

Cara pertama :

Setiap malam anda analisis semua yang telah anda katakan dan anda kerjakan, anda juga harus menela'ah semua yang tidak dapat diterima oleh orang lain. Namun jangan sampai anda mencela atau bahkan menyiksa diri sendiri dengan kritikan yang pedas, gunakanlah cara seperti anda sedang berdialog dengan diri sendiri secara jujur untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang kemudian meluruskannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x