Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Moment Penting Nishfu Sya'ban

23 Maret 2021   12:39 Diperbarui: 16 April 2021   11:10 191 30 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Moment Penting Nishfu Sya'ban
Sumber: majalahnabawi.com (editing oleh penulis)

Pada kesempatan ini, marilah kita pahami bersama tentang moment penting nishfu sya'ban yang ada pada setiap tahunnya. Dimana pada bulan ini terdapat begitu banyak manfaat yang akan di dapatkan jika mengetahui dan melaksanakan amalan-amalannya sebagaimana yang telah di contohkan oleh Rasulullah SAW, para fuqaha, ulama dan ahli ibadah serta nenek moyang para pendahulu kita semua.

Setiap kaum muslimin pastinya sudah mengetahui tentang adanya bulan nishfu sya'ban yang terdapat pada penamaan bulan Islam yang di dasarkan pada perhitungan orbit bulan terhadap bumi, yang biasa disebut dengan tahun hijriyah yang diawali oleh peristiwa sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Keistimewaan Nishfu Sya'ban

Moment penting bagi seluruh umat Islam terjadi pada malam nishfu sya'ban yang disebut juga sebagai malam istimewa karena sejarah islam telah mencatat adanya peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini. Tepatnya pada malam ini, sejarah islam telah mencatat sebagai malam di ubahnya arah kiblat shalat dari mesjid Al-Aqso yang berada di Palestina menjadi ke arah Ka'bah yang berada di Mekah Al-Mukarromah.

Menurut beberapa keterangan hadits, malam nishfu sya'ban juga memiliki banyak keutamaan yang sangat bermanfaat bagi kaum muslimin seperti : jika berdo'a tidak akan tertolak, Allah mendatangi seluruh makhluknya pada malam nishfu sya'ban dan mengampuni hamba-hambanya kecuali orang-orang yang musyrik dan orang-orang yang bermusuhan. Penting juga untuk kita ketahui bahwa terdapat lima malam yang jika kaum muslimin berdo'a tidak akan pernah tertolak yaitu: malam pertama di bulan rajab, malam nishfu sya'ban, malam jum'at, malam idul fitri dan malam idul adha. Banyak  kaum muslimin yang memahami bahwa bulan rajab, bulan nishfu sya'ban dan bulan Ramadhan merupakan rangkaian "suci" yang sangat baik dimanfaatkan dalam rangka beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Maka selaku kaum muslimin yang baik kita semestinya pandai dalam memanfaatkan moment-moment penting yang ada sebagai "kesempatan emas" untuk beribadah, berdo'a, banyak membaca Al-Qur'an, bermunajat dan menyampaikan segala sesuatunya kepada Allah SWT. 

Tiga moment penting bagi setiap makhluk

Malam Nishfu Sya'ban adalah suatu malam yang jatuh pada tiap-tiap malam ke lima belas di bulan sya'ban pada setiap tahunnya, malam itu terdapat beberapa peristiwa yang sangat penting untuk diketahui oleh seluruh kaum muslimin, diantaranya :

1. Dilaporkannya buku catatan amal perbuatan manusia selama satu tahun.

Rasulullah SAW pernah bersabda :

"Dia adalah bulan diangkatnya catatan semua amal makhluk kepada Allah seru sekalian alam, maka saya suka sekali kalau amal-amalku diangkat sedang aku dalam keadaan berpuasa" (Al-Hadits)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN