Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Berbagi Sikap Positif Dapat Melepaskan Masalah Sendiri

16 Maret 2021   13:40 Diperbarui: 16 April 2021   11:16 172 33 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi Sikap Positif Dapat Melepaskan Masalah Sendiri
Gambar: Sikap positif dapat melepaskan masalah sendiri (Sumber: solusisupersukses.com)

Berbuat baik dan bersikap positif memang sesuatu yang sangat berat dilakukan oleh orang-orang tertentu, beda dengan orang yang sudah membiasakannya. Kadang pertunjukan sikap positif maupun perbuatan yang positif biasanya mudah dilakukan pada saat kita sedang "bahagia", akan tetapi kebanyakan mereka sulit berbuat baik dan positif jika keadaannya sedang tidak kondusif, dirundung banyak masalah, sedang gagal, tertindas maupun disaat orang berbuat yang tidak baik, tidak sopan dan menjengkelkan.

Jika anda berbagi sikap positif terhadap orang lain, maka anda seolah telah menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. Penerima sikap kita akan merasakan sesuatu yang lebih baik, begitupun kita sendiri. Memang tidak dapat di sangkal lagi bahwa sikap positif akan senantiasa terpelihara dengan baik jika kita membiasakan diri untuk selalu berbagi kebaikan kepada orang lain melaui gaya hidup dan kebiasaan kita.

Patut untuk dipahami ketika anda jengkel dengan perilaku orang lain, mungkin anda akan tergoda untuk membagi "rasa marah" kepada orang yang telah menjengkelkan itu, hal seperti itu terjadi tentunya dapat kita maklumi. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika anda dapat memberikan "sikap positif" kepada orang yang telah berbuat menjengkelkan itu, maka orang akan merasa terbantu untuk mampu menyesuaikan sikapnya terhadap kita sendiri.

Setiap orang mempunyai kesempatan pada setiap harinya untuk berbagi sikap positif terhadap orang lain. Seorang sopir taksi yang dapat membuat penumpangnya tertawa, akan lebih disukai pelanggannya bahkan bisa saja penumpangnya itu memberikan tips yang lebih banyak dan lebih besar dibanding pada sopir taksi yang lainnya.

Bagi karyawan yang senang memuji rekannya yang memang layak untuk dipuji akan dapat meningkatkan keharmonisan terciptanya komunikasi yang lebih baik dan terbuka. Bahkan para ibu rumah tanggapun seringkali dapat menghilangkan masalah dengan tetangganya melalui cara berbagi sesuatu yang positif ketika mereka berpapasan dijalan, bertemu muka atau di saat dihalaman rumahnya.

Mereka yang sedang berlibur dapat menambah kesenangan mereka hanya dengan sikap ramah yang diberikan kepada mereka yang sama-sama sedang menikmati liburannya, kesempatan untuk bersikap baik dan ramah sebenarnya sangat terbuka lebar dapat dilakukan dalam setiap keadaan, tetapi hasil terbaik akan diperoleh jika pemberian sikap positif itu dilakukan dalam keadaan yang sangat sukar dan sulit.

Misalkan, Suatu hari seorang "staf" dihadapkan pada situasi yang cukup berat karena adanya rapat yang membosankan di pagi hari, pekerjaannya sendiri terlantar. Baru saja ia mulai dengan tugas-tugasnya, tiba-tiba komputernya mendadak rusak, kemudian atasannya minta agar ia segera untuk menyelesaikan sebuah surat yang harus dikirim sebelum akhir pekan ini, ia juga harus melayani orang-orang yang datang bergantian karena sesuatu kepentingan. Ketika akhirnya ia pulang meninggalkan kantornya jam enam sore, yang diinginkannya dapat segera pulang dan menenggelamkan dirinya ditempat tidur, melupakan semuanya. Akan tetapi ia telah berjanji akan menengok kawannya yang sedang dirawat di rumah sakit. 

Godaan untuk langsung pulang begitu sangat kuat dan menghantuinya, tetapi ia menahannya dan tetap pergi ke rumah sakit untuk menengok kawannya itu, temannya itu sungguh merasa senang dan bahagia saat ia datang menengoknya. Akhirnya ketika tiba dirumah "staf" itu justru merasa segar dan positif karena semuanya dapat terlayani dengan baik dan mampu memberikan sesuatu yang positif terhadap orang lain pada hari itu, sehingga keinginan tidurnya pun saat tiba dirumah hilang begitu saja.

Semakin sering berbagi sikap positif terhadap orang lain akan semakin banyak manfaat yang dapat dirasakan, adakalanya dapat membuat anda terlepas dan bebas dari masalah diri sendiri.  Maka setiap orang akan menjadi pemenang dengan berbagi sikap positif kepada orang lain.

Itulah kelebihan dari berbagi sikap dan perbuatan positif terhadap orang lain yang dapat dilakukan kapanpun sebaik mungkin, dimanapun dan dalam situasi apapun, ternyata secara tidak langsung dan tanpa disadari sikap positif ini sebenarnya dapat melepaskan diri anda dari berbagai masalah sendiri.

VIDEO PILIHAN