Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Freelancer, teacher and social researcher

Menulis dan berkarya untuk bangsa

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Menangkap Koruptor yang Jujur, Semudah Membalikan Telapak Tangan!

1 Desember 2020   13:16 Diperbarui: 1 Desember 2020   13:37 57 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menangkap Koruptor yang Jujur, Semudah Membalikan Telapak Tangan!
https://www.matain.id

Seperti hujan tanpa mendung, seperti petir di siang bolong dan seperti banjir tanpa adanya hujan ataupun gempa. Begitulah kejadian penangkapan seorang pejabat tinggi yang terjadi saat ini, sang menteri mengakuinya tanpa menutupinya

Dunia pemberitaan telah di gegerkan dengan adanya kejadian Edhy Prabowo Ditangkap KPK, penangkapan terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) beserta rombongan terjadi sepulang kunjungannya dari Amerika Serikat (AS), tangkap tangan dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehubungan dengan adanya dugaan terhadap menteri dan istrinya yang telah berbelanja di AS dengan menghabiskan uang sekira 750 juta, yang di sinyalir sebagai uang suap dari kasus perizinan ekspor benih udang lobster.

Begitu sampai di bandara Soekarno-Hatta, Menteri KKP dan rombongan langsung ditangkap oleh KPK. Kejadian ini sangat menarik bagi dunia pemberitaan, karena terjadi sangat mendadak dan sebelumnya tidak begitu ramai diperbincangkan terkait kasus korupsi yang dengan pelaku Edhy Prabowo dan kementeriannya baik di koran, televisi maupun media sosial. 

"Ibarat petir di siang bolong" penangkapan Edhy Prabowo dan rombongan terjadi sangat tiba-tiba, mudah saja bagi KPK menangkapnya karena tak ada perlawanan maupun skenario politik lainnya.

Setelah ditangkap itu, sang menteri mengakuinya dengan jujur bahkan mengatakan "siap bertanggung jawab dunia akhirat!", ini pernyataan yang sangat mencengangkan bagi masyarakat, luar biasa! patut di acungi jempol bagi seorang pejabat tinggi yang di duga koruptor mau gentle dan jujur mengakui perbuatannya. Karena jarang sekali ada seorang pejabat yang ditangkap KPK karena di duga korupsi mengakui perbuatannya dengan jujur, lugas dan transparan ketika ditanya oleh dewan pers, biasanya menghindarinya dan berkata kesana kemari. 

Sudah penangkapannya mengagetkan semua pihak, pengakuannyapun mengagetkan pula! 

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, tentu menimbulkan pertanyaan besar dikalangan masyarakat luas, sebenarnya apa yang terjadi sehingga seorang tokoh politik ini seolah pasrah! menerima, berkata jujur dan mengakui kesalahannya tanpa adanya perlawanan sama sekali bahkan begitu mudahnya orang-orang yang terkait korupsi dana gratifikasi ini ditangkap.

Jika melihat fenomena yang terjadi, mungkinkah Edhy Prabowo ini memang sengaja "bunuh diri" dengan melakukan kesalahan besar hanya untuk menunaikan kesenangan belanja saja? atau memang ada konspirasi politik!

Entahlah, yang pasti penangkapan ini telah terjadi dan menteri KKP beserta pejabat terkait lainnya telah mengakuinya secara gamblang dalam kasus gratifikasi ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosok menteri ini memiliki harta kekayaan yang luar biasa banyak, memiliki barang-barang mewah dengan harga-harga selangit, dan kenyataan ini telah terdeteksi dan semua datanya telah dikantongi oleh tim KPK sehingga dengan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi ini akhirnya terbongkar sudah alur kekayaan yang telah di dapatkan oleh sosok pejabat tinggi ini.

Memang sebelum penangkapan terlihat diberbagai media pemberitaan dengan munculnya salah satu tokoh kelautan dan perikanan, Susi Pujiastuti mantan Menteri KKP sebelumnya, sangat tajam mengkritisi dan menunjukan ketidak senangannya terhadap kepemimpinan maupun kebijakan menteri KKP Edhy Prabowo, dikalangan nelayan dan pengusaha perikanan juga sempat terdengar kericuhan terkait adanya ekspor benih lobster serta perizinannya, ada pula ketidakpuasan dari sebagian perusahaan yang tidak mendapatkan kesempatan dalam proyek ini, karena hanya sebagian perusahaan saja yang ditunjuk bekerja sama dengan kementerian ini. 

 

VIDEO PILIHAN