Mohon tunggu...
Anton Suryantoro
Anton Suryantoro Mohon Tunggu... Ilmuwan - Bibliolarti

Saya mencoba menggunakan waktu senggang untuk belajar menuangkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat dalam bentuk tulisan ini.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Keliling Jerman Hanya 140 Ribu Rupiah

1 Juli 2022   23:28 Diperbarui: 3 Juli 2022   18:24 236 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana di Kota Erfurt (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)

Pemerintah Jerman sejak Rabu (01/06/2022) telah memberlakukan tiket 9 Euro atau Rp. 140.000,-  untuk semua transportasi lokal dan regional. Kebijakan ini berlaku pada bulan Juni, Juli dan Agustus 2022 sebagai upaya untuk meringankan tingginya harga energi dan bahan bakar. Periode promosi ini berlangsung dari 1 Juni hingga 31 Agustus 2022 yang dapat dibeli dan digunakan oleh siapapun termasuk bukan warga negara Jerman. Anak – anak diatas usia 6 tahun juga dapat memanfaatkan tiket tersebut. Di Jerman, anak – anak diatas usia 6 tahun harus membeli tiket transportasi umum untuk berpergian, sedangkan anak – anak dibawah 6 tahun gratis berpergian dengan transportasi umum. Tiket 9 Euro ini berlaku untuk sarana transportasi umum di Jerman termasuk bus, trem, kereta bawah tanah, kereta api ringan, kereta ekspres regional dan regional.

Pembelian tiket 9 Euro untuk bulan Juni berlaku dari 1 Juni sampai 30 Juni. Pembelian tiket 9 Euro untuk bulan Juli berlaku dari 1 Juli sampai 31 Juli dan pembelian tiket 9 Euro untuk bulan Agustus berlaku dari 1 Agustus sampai 31 Agustus. Jadi, seperti kita membeli tiket bulanan lebih murah dan bisa digunakan untuk jenis moda transportasi yang lain juga. Sebagai contoh sederhana, tiket bulanan kereta api dari kota Ilmenau ke kota Arnstadt sebesar 150 Euro atau Rp. 2.340.000,-, tapi dengan kebijakan ini hanya sebesar 9 Euro atau Rp. 140.000,-. Selain itu, tiket bulanan 150 Euro tadi, hanya berlaku untuk satu moda transportasi yaitu kereta api dan hanya untuk satu tujuan pulang pergi kota Ilmenau – Arnstadt, sedangkan dengan tiket 9 Euro bisa digunakan semua moda transportasi umum tidak hanya kereta api dan untuk semua tujuan di seluruh Jerman. Bahkan tiket ini juga berlaku untuk kapal feri tujuan tertentu di Berlin dan Hamburg.

Tiket 9 Euro tidak bisa digunakan untuk berpergian dengan kereta api cepat jarak jauh ICE (Intercity Express), IC (Intercity), EC (Eurocity). Tapi, walaupun dibatasi untuk koneksi domestik di Jerman, beberapa pengecualian berlaku seperti kereta regional Bavaria (BRB) ke Salzburg dan Kufstein di Austria bisa menggunakan tiket 9 Euro. Begitu juga dengan kebijakan dari asosiasi transportasi Aachen di Jerman bagian barat yang menjalankan layanan tertentu ke Belanda dan Belgia, berlaku tiket 9 Euro. Beberapa kota di dekat perbatasan juga dapat dicapai dengan tiket 9 Euro seperti Schaffhausen di Swiss atau Świnoujście di Polandia. Tiket 9 Euro dapat dibeli dengan mudah melalui website https://www.bahn.de/angebot/regio/9-euro-ticket. Selain itu, juga bisa dibeli melalui aplikasi DB Navigator atau penjualan klasik seperti mesin dan konter tiket.

Kereta Regional di Stasiun Kota Arnstadt (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)
Kereta Regional di Stasiun Kota Arnstadt (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)

Sekali lagi bahwa tiket 9 Euro hanya berlaku secara nasional di trem, bus dan kereta api lokal dan regional kelas 2. Transportasi jarak jauh seperti ICE, IC, EC dan penyedia swasta seperti Thalys, FlixTrain atau FlixBus tidak termasuk. Tiket ini juga berlaku untuk feri yang merupakan bagian dari jaringan transportasi umum, seperti di Berlin atau Hamburg. Jadi, tidak ada pemegang tiket yang harus membayar lebih dari 9 Euro per bulan untuk menggunakan jaringan transportasi umum di Jerman pada bulan Juni, Juli dan Agustus 2022. Hal ini juga dipercaya dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengurangi masalah lalu lintas dan polusi udara atau pencemaran lingkungan. Harga yang lebih rendah dapat memotivasi dan meningkatkan daya tarik untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan