Mohon tunggu...
Antika Tafrijiyah
Antika Tafrijiyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Pancasakti Tegal

Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Pendidikan Anak Usia Dini

7 Desember 2020   10:51 Diperbarui: 7 Desember 2020   11:14 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebelum kita membahas apa itu Program Pendidikan Anak Usia Dini. Apakah Anda sekalian pernah mendengar, membaca, atau bahkan mendengar kata 'pendidikan dan pembangunan'? Atau ini pertama kalinya Anda mendengarkan? Di sini kita akan memahami apa itu pendidikan dan pembangunan. Pendidikan dan pembangunan pada dasarnya adalah dua tujuan dengan arti yang sama. Pendidikan dan pembangunan sangat erat kaitannya. 

Pendidikan merupakan sarana yang dapat membebaskan seseorang dari kebodohan dan hal-hal yang ditimbulkan dari kebodohan tersebut, seperti kemiskinan, keterbelengguan, gampang ditipu, pola pikir sempit dan sebagainya. 

Pendidikan adalah usaha diri sendiri dan dapat mencapai hasil yang mendukung pembangunan. Sedangkan pembangunan adalah upaya orang yang dapat mencapai pendidikan (bimbingan, penyelidikan, nasehat, dan lain-lain). Pembangunan adalah suatu orientasi dan kegiatan usaha yang tanpa akhir. 

Proses pembangunan sebenarnya adalah merupakan suatu perubahan sosial ekonomi. Pembangunan dapat menjadi suatu proses yang dapat bergerak maju atau kekuatan sendiri tergantung kepada manusia dan struktur sosialnya.

Untuk mencapai sasaran pembangunan pendidikan, dan program pendidikan anak usia dini yang dilaksanakan oleh unit kerja terkait di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dibagi dalam sepuluh program, yang salah satu diantara programnya adalah Pendidikan Anak Usia Dini. Apakah Anda sudah memahami istilah program ini? 

Pendidikan Anak Usia Dini atau yang kerap kali disebut PAUD, sudah tak asing terdengar bukan? Atau masih jarang bahkan belum pernah mendengarnya? Jika iya, tenang saja. Kita akan ulas mengenai apa itu Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan suatu jenjang dimana anak sebelum menginjak jenjang pendidikan dasar, ditujukan kepada anak yang sejak lahir sampai anak berusia enam tahun sehingga mereka dapat terstimulasi oleh pendidikan dan berkontribusi pada tumbuh kembang lahir batin.

Tujuan dari program ini yaitu untuk menjadikan anak-anak yang berkualitas, sehingga anak-anak memiliki persiapan yang baik ketika memasuki pendidikan dasar dan menghabiskan masa dewasanya. 

Program ini memiliki fungsi untuk mengembangkan potensi anak dan membentuk karakter anak seperti cara bersosialisasi, berteman, menanamkan kedisiplinan, serta menghargai dan menghormati teman, orang tua, dan guru. Selain itu, memberi kesempatan kepada anak untuk belajar. Secara umum, anak-anak akan lebih memahami ketika mereka bermain dan belajar, dan anak-anak juga akan dapat belajar bagaimana bersosialisasi dari permainan.

Secara umum ruang lingkup materi pendidikan anak usia dini mencakup segala sesuatu tentang dirinya dan lingkungannya, terutama ruang lingkup materi pendidikan yang telah dirumuskan dalam rencana kegiatan pembelajaran taman kanak-kanak yang meliputi dua rencana, seperti:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun