Mohon tunggu...
Anthony Tjio
Anthony Tjio Mohon Tunggu... Retired physician

Penggemar dan penegak ketepatan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Pengalaman Hari Pertama Menjalani Wajib Karantina saat Tiba di Hong Kong

13 September 2020   18:14 Diperbarui: 14 September 2020   10:51 3466 24 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Hari Pertama Menjalani Wajib Karantina saat Tiba di Hong Kong
Pemandangan dari dalam pesawat| Dokumentasi pribadi

Perlahan-lahan lampu penerang di langit-langit pesawat terbang menyala, yang menandakan tiba waktunya bangun untuk mempersiapkan ketibaan di Bandara Internasional Hong Kong. Membuka jendela juga kelihatan langit subuh dengan matahari sedang terbit di permukaan cakrawala, indah.

Penerbangan Cathay Pacific CX881 dari Los Angeles semalam tadi boleh dibilang lancar. Sekitar 13 jam penerbangan tidak terasa adanya goncangan turbulence. Sehingga beberapa jam diantaranya juga bisa nyenyak tertidur lurus terlentang. Siap untuk santapan pagi.

Foto pribadi
Foto pribadi
Betul, semua penumpang dalam penerbangan kali ini bisa tidur lurus terlentang. Ini untuk penumpang kelas kambing, bukan business.

Foto pribadi
Foto pribadi
Luar biasa, masing-masing penumpang dalam pesawat ini boleh menjarah sebaris 3 kursi, dan boleh pilih suka di mana saja. Belum pernah adanya pengalaman yang asyik seperti begini. Karena hanya total 51 penumpang yang dimuat dalam jumbo jet baru Airbus 350-100 untuk Cathay ini, perasaan layaknya penerbangan privat saja.

Akibat dari keringanan muatan penerbangan ini, kapal lebih laju dan bisa tiba di Hong Kong lebih pagi setengah jam dari waktu semestinya.

Foto pribadi
Foto pribadi
Di layar monitor kursi depan bisa menyaksikan pemandangan landing yang direkam dari 2 kamera luar pesawat, terlihat kita menerobos lapisan awan tebal, dan kelihatan itu jembatan lintang laut dari Hong Kong ke Macau, yang sekonyong-konyong bagian dari Hong Kong ini terputus dan lenyap ke dalam laut, sebab terusannya langsung terowongan di bawah laut. 

Pada pukul 06:23 waktu setempat terasa goncangan keras, pesawat landing dengan selamat.

Semalam penerbangan lancar dan ketibaan juga aman, tetapi bukan merupakan satu perjalanan yang nyaman, dari pengalaman yang harus dirasakan di waktu airport check-in di LAX, dan penderitaan yang menimpa setelah ketibaan di Hong Kong Internasional nantinya, dalam masa pandemi Covid-19 tahun 2020 ini, bepergian sangat bermasalah dan sangat menyusahkan.

Ceritanya mulai kemarin di LAX. Untuk kedua kalinya kita check in.

Keberangkatan menurut booking semula adalah kemarin dulu tanggal 9 September pukul 01:15 waktu Pacific. Kita ditolak untuk keberangkatan malam ini, karena tidak memenuhi surat-surat yang diminta oleh pemerintah Hong Kong dalam penyaringan kedatangan orang asing ke sana, sehingga harus menunda semalam, untuk melengkapi semua surat-surat keharusan.

Apakah surat-surat yang diperlukan itu? Banyak. Peraturan baru yang ditujukan untuk pemegang paspor Amerika, yang ditakuti bisa membawa Covid-19 ke negaranya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN