Mohon tunggu...
Anthony Tjio
Anthony Tjio Mohon Tunggu... Retired physician

Penggemar dan penegak ketepatan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Jembatan Merah di Atas Kanvas Joni Ramlan

26 Februari 2020   06:07 Diperbarui: 26 Februari 2020   15:50 185 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jembatan Merah di Atas Kanvas Joni Ramlan
Gambar lukisan milik pribadi (AH Tjio)

Sekitar 10 tahun lalu mampir di Kota Malang mencari lukisan pemandangang nostalgia "tempo doeloe", setempo di masa muda kita. Kata sepupuh kebetulan ada. Sore hari itu juga, diantarnya ke perumahan dekat Penjara Malang, rumah makelar ini kecil, di situ menemukan lukisan selera yang dicari.

Bagaikan karya Van Gogh di Indonesia. "Jembatan Merah Surabaya", karya pelukis muda asal Mojosari, Joni Ramlan.

Satu lukisan yang besar, panjangnya 2 meter, pantas untuk menayangkan kemegahan panorama Jembatan Merah Surabaya yang panjangnya sampai 40 meter itu.

Pemakaian warna tidak menyorak, biru langit dan cerminannya di permukaan air mendominer, mengepit warna kopi-susu yang menggambarkan panorama jembatan dan air Kalimas yang keruh. Di sana-sini dibumbuhi coretan warna yang memeriahkan kehidupan di atas jembatan, juga teralis besi yang sudah karatan.

Sungguh satu lukisan pusaka yang mengumpulkan segala elemen, baik sejarah, tanda-kota, satu era zaman, dan karya agung.

Lukisan yang Setara Karya Agung Impresionis.

Di pertengahan abad ke-19 di Paris, Prancis, muncullah berapa pelukis yang dipelopori Claude Monet, Pierre-Aguste Renoir dan kawan-kawan memamerkan lukisan bergaya baru, yang terlepas dari kepompong subyek legenda religi. 

Mereka mengutamakan melukis cepat jadi, menggunakan kuas cat halus dengan coretan kasar dan berwarna warni, untuk merekam ketepatan pemandangan sesaat tertangkap didepan mata, bagaikan seni fotografi. 

Ketuanya Monet, memamerkan lukisannya "Impression Sunrise", dari situ golongan pelukis cepat jadi ini mendapatkan julukan Impresionis. Semenjak itu, karya mereka sudah menjadi karya agung, master pieces.

Gambar milik pribadi. (AH Tjio)
Gambar milik pribadi. (AH Tjio)
Joni Ramlan meletakkan Van Gogh di langit Kota Surabaya. Van Gogh terkenal dengan lukisan biru langit waktu malam berbintang.

Gambar milik pribadi. (AH Tjio)
Gambar milik pribadi. (AH Tjio)
Sudut Claude Monet yang terkenal dengan lukisan kolam teratai rumahnya yang terletak di dusun Giverny, Prancis, sebagai sarana menggambarkan terbatasnya tetumbuhan di sekitar jembatan.

Gambar milik pribadi. (AH Tjio)
Gambar milik pribadi. (AH Tjio)
Seberang kali dari sudut Monet diatas, tampak kehalusan warna pastel yang khas dalam lukisan-lukisan romantis Pierre-Aguste Renoir. Seperti pakar impresionis, Joni Ramlan menggambarkan seadanya, coretan liar di dinding, juga seorang yang sedang berkemih di samping grobak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN