Mohon tunggu...
Anthony Tjio
Anthony Tjio Mohon Tunggu... Retired physician

Penggemar dan penegak ketepatan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kue Lumpur Adalah Pastel Natal

5 Desember 2014   19:53 Diperbarui: 9 Desember 2016   08:20 3576 0 1 Mohon Tunggu...

KueLumpur AdalahPastelNatal







Oleh:Anthony Hocktong Tjio / Diaspora Indonesia.







Ada diperjelaskan dalam Google bahwa jajan pasar tradisional yang teksturnya lembut dan halus seperti lumpur itu, Kue Lumpur. Sampai pada pertengahan abad 20 yang lalu, kue lumpur yang bentuknya bulat, berwarna kekuningan telur dengan tanda bakar dipermukaannya, dan dihiasi sebutir kismis diatasnya, masih sering disajikan ditoko-toko kue dan roti Peranakan Tionghoa. Sekarang yang asli sudah agak sukar ditemukan, sering kali yang tersedia adalah yang berupa gaya baru, dimana rupanya pucat dan tidak selembut lumpur lagi.













Kue lumpur yang resepnya terdiri dari telur, gula, tepung dan air santan itu adalah sejenis jajan susu telur (custard), yang semestinya merupakan makanan kecil impor dari Eropah, dari situ bisa diusut asalnya kue tersebut yang sebenarnya dari Lisbon Portugal, disana kue itu dinamakan Pasteis de Nata yaitu Pastel Natal.







Pelabuhan tua Lisbon terletak dimuara Sungai Tagus, semulanya disana terletak Paroki Santa Maria de Belem, kemudian pelabuhan tersebut menjadi pangkalan angkatan laut yang juga disebutnya Belem, disana masih berdiri bekas benteng Torre de Belem yang merupakan pangkal dari mana pelaut-pelaut Portugis seperti Vasco da Gama berlayar untuk menjelajahi dunia sejak abad 15. Belem (baca be seperti dalam be-tul dan lem seperi perekat) adalah Bethlehem dalam bahasa Portugis, tempat kelahiran Isa Almasih di-Israel pada Hari Natal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x