Mohon tunggu...
Anthony Tjio
Anthony Tjio Mohon Tunggu... Administrasi - Retired physician

Penggemar dan penegak ketepatan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menilik Dusun Leluhur Gus Dur di Hokkian

12 April 2014   05:22 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:46 6303 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

MENILIKDUSUNLELUHURGUSDURDIHOKKIAN

Oleh:Anthony Hocktong Tjio / Diaspora Indonesia.

Ternyata Mantan President Almarhum Abdurrahman Wahid, Gus Dur,adalah keturunan Tanglang yaitu orang Hokkian. Kebenarannya telah jelas berdasarkan berulang kali beliau mengungkapkannya didepan publik dunia, bahwa dia keturunan Muslim Tionghoa.

Setelah pernyataannya didepan mahasiswa Universitas Beijing pada tahun 1999, dengan seketika telah menimbulkan banyak skepticism atas kebenarannya. Demi penghargaan kepada keturunan diaspora Tanglang yang menjabat kedudukan tertinggi disalah satu negara terbesar didunia, segera pusat meminta daerah Hokkian untuk melandaskan penyelidikan intensip,dan diketemukan epicenter-nya berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Gus Dur, bahwa, leluhurnya bernama Tan Kiem Han asal Hokkian dan ikut Laksamana Cheng Ho dalam armadanya ke Lambri Aceh kurang lebih 600 tahun lalu. Tiga tahun kemudian, mewujudkan beliau berkunjung ke-Quanzhou Hokkian untuk menerima penghormatannya.

Alm. Gus Dur di Masjid Ashab, Quanzhou 2003.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan