Anthony Dio Martin
Anthony Dio Martin WISE (Writer, Inspirator, Speaker, Entepreneur), ICF Certified Coach, Psychotherapist, Trainer

Anthony Dio Martin, WISE (writer, inspirator, speaker dan entepreneur) dan juga ICF certified executive coach, yang dijuluki "The Best EQ Trainer Indonesia". Beliau penulis 16 buku dan lebih dari 25 CDAudio. Salah satu bukunya menerima penghargaan MURI. Beliau pernah memandu beberapa program motivasi di TV kabel, saat ini punya siaran rutin program radio “Smart Emotion” di SmartFM. Facebook: anthonydiomartinhrexcellency IG: anthonydiomartin Kontak & info: 021-3518505 atau 3862521 atau email: info@hrexcellency.com

Selanjutnya

Tutup

Muda

Sembilan Jenis Cinta Remaja dan Cinta yang Populer di Masyarakat Kita

14 Februari 2018   13:01 Diperbarui: 14 Februari 2018   13:08 165 0 0
Sembilan Jenis Cinta Remaja dan Cinta yang Populer di Masyarakat Kita
wallpaperset.com

Sumber asli tulisan serta masih banyak tulisan dapat diakses disini: 

https://www.anthonydiomartin.com/9-jenis-cinta-remaja-dan-yang-dikenal-di-masyarakat-kita/

Apa definisi cintamu?

Sebenarnya, tidak ada kalimat yang paling tepat untuk mendefinisikan cinta. Atau, definsi yang berlaku untuk setiap orang. Pasalnya, setiap orang dengan latar belakang yang berbeda, bisa memberikan definisinya. Sang ahli kimia akan mengatakan, cinta sebagai perpaduan dua unsur dengan latar kiamiawi yang berbeda menjadi senyawa yang indah. Sementara bagi seorang ahli politik mungkin melihat suatu suatu aliansi yang menguntungkan antara dua kepentingan yang berlatar belakang berbeda. Dan masih banyak lagi.

Ada juga definisi ilmiahnya cinta sih yakni sebagai: perasaan kasih sayang serta ketertarikan kepada subjek yang disayang dalam bentuk perasaan yang positif. Namun, ada yang berkelit dan membantah definisi ini. Lha, bagaimana dengan cinta kepada barang, cinta kepada binatang kesayangan?

Tapi, apapun definisi yang Anda miliki soal cinta, kali ini saya ingin mengajak Anda membahas berbagai jenis cinta yang seringkali disebut dalam masyarakat kita. Inilah juga cinta yang banyak dikenal di berbagai kalangan, mulai dari remaja sampai orang tua, bahkan kakek nenek. 9 jenis cinta ini berbeda dengan berbagai versi resmi misalnya yang diungkap di majalah Psychology Today yang bisa dibaca disini: https://www.psychologytoday.com/blog/hide-and-seek/201606/these-are-the-7-types-love

Nah, apakah ke 9 jenis cinta yang bisa kita kenal tersebut. Inilah berbagai jenis cinta yang saya sering dengar pula sebagai seorang konselor, coach dan trainer. Apa sajakah?

1. Cinta Cinta Monyet

Kita tidak pernah tahu mengapa disebut monyet. Apakah karna yang mengalami cinta ini berperilaku seperti monyet ataukah pelakunya masih seukuran monyet. Yang jelas, inilah sebutan yang sering dipakai untuk cinta anak kecil yang belum matang. Biasanya ketika anak kecil atau anak remaja mengungkapkan cinta, kita pun memberinya istilah cinta monyet. Barangkali karena dipakai untuk monyet, yang belum matang jadi manusia. Yang jelas, biasanya ini hanya cinta yang sangat sementara. Cinta sewaktu masih kecil dan belum dewasa. Dengan berjalannya waktu, rasa cinta ini biasanya juga akan lenyap.

2. Cinta Buta

Inilah cinta yang tidak melihat dan mempertimbangkan segi apapun. Disebut cinta buta, karena tidak lagi melihat apapun. Pelakunya, diselimuti rasa cinta yang membara. Jadi, yang terlihat hanya kondisi dan suasana yang baik. Makanya, ketika orang mengalami cinta yang tidak lagi mempertimbangkan segi apapun, baik ekonomi, kasta, latar belakang yang mungkin jadi pertimbangan banyak orang, maka dikatakan orang itu mengalami cinta buta. Biasanya, yang mengalami perasaan ini, tidak lagi mau dengar nasihat dan omongan orang lain. Sulit ditegur.

3. Cinta Segitiga

Inilah sebutan buat cinta yang melibatkan pihak lain. Misalkan: A sukanya sama B. Tapi B nggak suka sama A. B suka sama C. Dan bisa juga diperparah dengan pihak C sukanya sama A, jadinya kayak segitiga. Yang jadi masalah adalah tatkala antara A dan B sudah terikat dalam komitmen resmi, baik sebagai kekasih apalagi suami istri. Hal ini akan jadi masalah. Biasanya hal ini bisa terjadi ketika ada satu pihak yang berhubungan karena terpaksa, tetapi dalam hati kecil mereka sebenarnya masih ada pihak lain yang diijinkan untuk masuk ke hati mereka.

4. Cinta Lokasi

Inilah cinta gara-gara sering berada bersama-sama ataupun kebetulan berada di dalam situasi yang sama. Biasanya cinta lokasi atau cinlok ini terjadi akibat keseringan atau terpaksa berada di suatu lokasi yang sama. Misalkan seringkali terjadi dimana gara-gara KKN (Kuliah Kerja Nyata) di lokasi yang sama, beberapa mahasiswa mulai pacaran. Atau, karena penempatan kerja di lokasi yang baru di luar kota, lantas jadi kekasih. Atau seringpula kita mendengar para artis yang cinlok gara-gara shooting film di lokasi yang sama.

5. Cinta Lama Bersemi Kembali (CBLK)

Inilah jenis cinta yang dulu pernah berkembang. Hilang. Lalu mucul kembali. Biasanya ini melibat kisah cinta lama yang belum selesai (unfinished love). Misalkan saja, cinta di waktu sekolah ataupun kuliah, yang tidak selesai ataupun tidak kesampaian. Lantas, setelah ke depannya, ternyata ada kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi kembali, maka cinta yang lama itupun muncul kembali. Dalam kenyataannya, cinta seperti ini terkadang bisa mengganggu khususnya apabila masing-masing pihak telah punya komitmen dengan pasangan yang berbeda. Disinilah kehadiran CLBK bisa jadi pengganggu bahkan tak jarang, jadi sumber kehancuran rumah tangga. Begitupun, banyak CLBK yang kandas gara-gara pihak yang terlibat cinta ini hidup dalam nostalgia dan kenangan lama, padahal waktu berjalan dan orang pun biasa berubah. Tak jarang CLBK yang direalisasikan, justru berakhir dengan kekecewaan. Namun, seperti dalam kisah di film dan novel, ada pula kisah-kisah CLBK yang berakhir bahagia.

6. Cinta PHP (Pemberi Haparan Palsu)

Si pemberi cinta umumnya memberikan tanda-tanda ungkapan kasih sayang, mulai dari ucapan hingga barang-barang ataupun perlakukan khusus. Akibatnya, yang diberikan cinta pun jadi berbunga-bunga tapi, kondisi ini pun akhirnya tidak ada kejelasannya. Terkadang hubungannya masih bertahan, tapi tidak ada kejelasan, akan mau dibawa kemana hubungan tersebut, tidak jelas. Atau, si pemberi cinta PHP ini telah memberikan sinyal-sinyal cinta yang kuat, tapi sinyal ini lantas lenyap sama sekali. Ada beberapa alasan munculnya cinta PHP ini. Bisa jadi karena pelakunay memang hobi PHP. Bisa juga, pihak yang memberikan cinta tersebut lantas menyadari satu hal yang menjadi kendala yang tidak bisa diungkapkan. Atau, ada kondisi lain yang membuat segala yang diucapkan akhirnya tidak bisa direalisasikan.

7. Cinta Pandangan Pertama

Inilah cinta yang sangat kilat dan sangat cepat. Biasanya cinta ini bermula dengan ketertarikan yang sifatnya sangat fisik. Sebagai contoh kisah Ken Arok yang tertarik dengan Ken Dedes pada saat pandangan pertama ketika Ken Dedes turun dari keretanya. Atau Zainudin yang tertarik dengan Hayati pada pandangan pertamanya di dalam novelnya Hamka, "Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk". Biasanya cinta semacam ini memang sangat cepat dan sensasional. Inilah yang kadangkala membuat yang mengalaminya, tidak pernah akan melupakannya. Hal ini bisa terjadi karena wajah atau penampilannya yang mengesankan ataupun suatu perilaku atau sikap yang membuat seseorang menjadi begitu terkesan. Itulah yang menciptakan cinta pada pandangan pertama. Kadang cinta ini bisa berlanjut, tapi terkadang ada pula cinta pandangan pertama yang tidak ada kelanjutannya, sebab setelah itu tidak pernah bertemu lagi.

8. Cinta Terlarang

Ini jenis cinta yang tidak diijinkan. Bisa jadi karena cinta ini memang tidak diperbolehkan oleh pihak-pihak tertentu seperti misalkan keluarga. Atau bisa juga cinta itu terjadi lantaran memang bertentangan dengan etika, moral ataupun tradisi. Dan biasanya para pelaku ataupun pihak yang terlibat dalam kisah asmara ini sama-sama paham bahwa kisah cinta mereka ini terlarang, tetapi kadang diam-diam mereka tetap melanjutkan. Biasanya dengan mencuri-curi kesempatan ataupun dengan melakukannya diam-diam tanpa ketahuan. nggak diijinkan tapi tetap dijalani. Misalkan saja, ada remaja yang backstreet alias diam-diam tetap jalanin hubungan meskipun orangtuanya melarang. Malahan, makin dilarang justru dirasakan sebagai sensasi yang mengasyikkan. Ada beberapa cinta terlarang ini yang akhirnya berujung ke pelaminan alias menikah. Tapi, ada juga yang tatkala dilakukan secara diam-diam justru mengayikkan, namun ketika merea menikah, justru masing-masing melakukannya lagi secara backstreet dengan pasangan yang lain (mungkin karena mereka ketagihan menikmati sensasi "terlarang"nya itu?).

9. Cinta Complicated

Inilah cinta yang serba susah, kompleks, banyak masalahnya serta tidak jelas. Contoh saja, Ayu yang senang Bayu dan Rino. Baik Bayu dan Rino juga senang Ayu. Dan akhirnya Ayu harus bagi waktu antara Bayu dan Rino. Belakangan, Rino pun tertarik dengan cewek lain, sebut saja Rini. Tapi meskipun demikian Rino masih jalan dengan Ayu. Complicated kan? Sebenarnya skenario cinta yang complicated bahkan bisa jauh lebih kompleks lagi dan beragam. Ada yang cintanya tidak jelas, menggantung, cinta yang melibatkan banyak pihak. Jadi bener-bener complicated.

Nah, manakah dintara ke 9 cinta itu yang pernah kamu alami.  Bagaimanakah rasanya? Banyak yang ternyata berujung dengan kondisi yang tidak mengenakkan untuk kedua belah pihak. Malahan, berdasarkan berbagai kisah konseling dan para pelaku yang mengalaminya, tidak perlulah bagi kita untuk mengalami ke9 jenis cinta tersebut. Lebih baik, kita menemukan kisah cinta sejati yang membuat kita tidak lagi perlu berpaling kemana-mana. Setia. Bersama untuk satu tujuan. Semoga Anda menemukannya!

Anthony Dio Martin

Website: www.hrexcellency.com

IG: anthonydiomartin

Facebook: anthonydiomartinhrexcellency