Mohon tunggu...
Anis Fitriyah
Anis Fitriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kreatif Berwirausaha dengan Tetap Produktif Pasca Pandemi Covid-19

30 November 2022   22:43 Diperbarui: 30 November 2022   23:06 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 Setiap orang memiliki peluang untuk menjadi seorang wirausahawan. Namun, menjadi seorang wirausahawan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dapat di capai, pasti akan banyak melalui berbagai macam hambatan dalam lika-liku dunia wirausaha. Untuk dapat mencapainya, kita harus bisa menumbuhkan ide-ide kreatif dan juga inovatif yang kita miliki, karena kreatifitas yang kita miliki nantinya akan berperan menjadi senjata utama untuk memulai sebuah usaha. 

Sebenarnya, kemauan untuk menjadi wirausaha itu tergantung pada diri seseorang masing-masing, dia memiliki jiwa kewirausahaan yang tertanam pada dirinya atau tidak. Karena, jiwa kewirausahaan dapat diwujudkan dengan tumbuhnya kesadaran untuk menghasilkan profit, sehingga keterampilan yang harus dimiliki seseorang untuk menawarkan hal-hal seperti barang dan jasa yang di perjual-belikan dapat mengarahkan seseorang untuk belajar hidup mandiri, berpikir kritis, berinovasi dan maju di masa depan. 

Jiwa kewirausahaan sendiri berarti seseorang yang telah berpikir untuk mandiri dalam mencari sumber penghasilan dengan membuka peluang usaha atau menggunakan kreativitasnya sebagai lahan untuk mencari penghasilan.

Masa Pandemi Covid-19 menjadi tantangan baru bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Kita harus dapat menemukan bahkan menciptakan cara baru untuk menghadapi situasi ini, yang ujungnya belum pasti. Karena efek dari pandemi ini, kita memang tidak bisa beraktivitas dengan bebas seperti biasa.

Tapi itu bukanlah halangan untuk mencari jalur produktif, tak terkecuali bagi mahasiswa. Dengan teknologi yang saat ini tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, serta dapat dikerahkan di tengah pandemi ini. Masa Pandemi kemarin adalah masa dimana saya dan 3 teman saya berusaha semaksimal mungkin melawan rasa malas untuk dapat memulai berwirausaha dengan membuka peluang bisnis dan juga menghasilkan penghasilan sendiri. 

Selain memiliki profesi sebagai mahasiswa, kami juga ingin mencoba hal-hal baru yang bermanfaat, apalagi saat pandemi perkuliahan masih dilakukan secara online, jadi kami mengisi waktu luang dengan cara menjual Dessert. Bentuk dari makanan penutup atau Dessert yang kami jual yaitu Churros.

(Dokumen Pribadi: sebelum & sesudah packaging) 
(Dokumen Pribadi: sebelum & sesudah packaging) 

Churros merupakan salah satu kuliner kue populer dari Spanyol yang banyak mendapat perhatian selama masa pandemi Covid-19. Itulah salah satu alasan bagi saya dan teman saya untuk menjual hidangan tersebut dimasa pandemi daripada hidangan yang lainnya. Peluang bisnis churros dapat dikatakan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Karena pamor kue churros terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Selain menjadi hidangan yang mencuri perhatian anak-anak hingga orang tua dimasa pandemi, proses pembuatan kue populer ini juga mudah, sehingga memungkinkan bagi setiap orang untuk dapat berkreasi membuatnya dari rumah, karena dengan cara seperti itulah seseorang dapat memulai usahanya.

Seperti halnya saya dan 3 teman saya yang awalnya mencoba-coba untuk membuat kue tersebut dirumah, dengan bahan seadanya. Setelah jadi dan kami rasa ini rasanya cukup enak, kemudian kami berikan kue tersebut kepada teman-teman yang lainnya, memintanya untuk mencobanya dan memberikan kritik ataupun masukan-masukan yang bermanfaat dan dapat menjadikan cita rasa serta kreasi kue tersebut menjadi menarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun