Mohon tunggu...
Ansel.Atdjas
Ansel.Atdjas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Apa yang diperjuangkan, harus dihidupi !

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Antara Kepentingan Perusahaan dan Kebutuhan Karyawan

7 Mei 2020   13:06 Diperbarui: 7 Mei 2020   14:12 583 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Antara Kepentingan Perusahaan dan Kebutuhan Karyawan
Image by karyaone

Menjadi pertanyaan mana yang didahulukan kepentingan perusahaan atau kebutuhan karyawan?

Pada dasarnya kedua bela pihak tentu memiliki prioritas masing-masing, pihak perusahaan tentu memiliki kepentingan yakni memperoleh laba. Namun disisi lain karyawan juga  
Memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. tidak hanya gaji dan benefit namun karyawan ingin dihargai atas apa yang mereka lakukan, diperlakukan secara adil dan diberi kesempatan untuk berkembang.

Perusahaan terus memaksa karyawan agar dapat mengejar target, namun dalam melayani kebutuhan karyawan itu sangat minim, bagaimana karyawan bekerja dengan semangat jika kebutuhan karyawan tidak dipenuhi? Tentu hal ini cukup sulit dilakukan dalam MSDM. Untuk itu pentingnya bidang human resource dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia, salah satunya dalam hal pengintegrasian (integration) dimana mereka melaksanakan kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan.

Rachman menjelaskan bahwa agar tercipta kerja sama yang serasi dan saling menguntungkan pengintegrasian merupakan hal yang penting. Namun hal ini sedikit sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua kepentingan yang bertolak belakang.

Setidaknya perusahaan tidak boleh mengabaikan kebutuhan karyawan, karena dapat dikatakan bahwa setiap karyawan adalah aset penting dari perusahaan. Tanpa adanya karyawan, perusahaan tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik.

VIDEO PILIHAN