Mohon tunggu...
Ansel.Atdjas
Ansel.Atdjas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Sine Labore Non Erit Panis in Ore

Selanjutnya

Tutup

Karir

Perusahaan Sebaiknya Mempertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengambil Langkah PHK Karyawan

20 Agustus 2019   13:11 Diperbarui: 20 Agustus 2019   13:13 594 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perusahaan Sebaiknya Mempertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengambil Langkah PHK Karyawan
tribunnews.com

Akhir-akhiri ini saya melihat beberapa berita online mengenai permasalahan yang terjadi di indonesia. Ada beberapa perusahaan memutuskan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat ketatnya persaingan bisnis yang sangat kuat mengakibatkan perusahaan mulai jatuh perlahan-lahan. 

Hal ini membuat manajemen dilema untuk mempertahankan karyawan atau dengan PHK. Pemutusah Hubungan Pekerja (PHK) memang menjadi resiko bagi siapa saja, tentunya ada tantangan psikis dan finansial yang harus dihadapi.

Manajemen mempunyai peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan di setiap permasalahan yang terjadi, terlebih khusus departemen yang menangani sumber daya manusia. 

Untuk itu perlu dipertimbangakan lagi dengan matang terkait pemutusah hubungan kerja jika perusahaan tengah menghadapi kesulitan dalam bersaing. Perlunya efisiensi dalam aktifitas bisnis, sehingga pada saat perusahaan sedang dalam kondisi lemah, atasan tidak cepat mengambil tindakan untuk melakukan langkah terakhir yakni PHK.

Untuk melakukan efisiensi dalam aktifitas bisnis, setidaknya perusahaan masih mempertimbangkan dengan mengurangi gaji pekerja secara bijkasana, misalnya seperti pekerja dilevel atas dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu pada saat itu juga.

Hal tersebut kemungkinan besar membantu perusahaan untuk tetap mempertahankan karyawannya. Namun belum tentu semua perusahaan melakukan hal ini, akibat tekanan financial dan beban yang terlalu kuat. 

Selain itu ada strategi-strategi perusahaan yang mungkin mengakibatkan perusahaan untuk mencoba PHK karyawan mereka. Untuk itu disarankan agar perusahaan bisa memperhatikan hak-hak dari karyawan mereka.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x