Mohon tunggu...
Ansel.Atdjas
Ansel.Atdjas Mohon Tunggu... Mahasiswa

Apa yang diperjuangkan, harus dihidupi !

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pemerintah Siap Wujudkan Komitmen untuk SDM Unggul

17 Agustus 2019   11:07 Diperbarui: 17 Agustus 2019   16:35 490 0 0 Mohon Tunggu...

Jangan Lupa Latih Soft Skill Kalian Agar Meningkatkan Produktivitas Kerja.

Merdeka!!! Saat ini pemerintah berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul di berbagai daerah sehingga menjadikan indonesia maju pada tahun 2030.

Dalam pidato Presiden Jokowi di Sentul International Convention center (SICC), Bogor, Jawa Barat 14 Juli 2019 membeberkan salah satu visi indonesia yakni pembangunan SDM sebagai kunci Indonesia maju dimasa depan. 

Pembangunan SDM dimulai dengan menjamin kesehatan ibu hamil, sejak hamil dan kesehatan balita, serta kesehatan anak-anak sekolah, hal ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia indonesia yang unggul kedepan. Selain itu Presiden juga menyoroti soal kualitas pendidikan yang akan terus ditingkatkan.

Terkait dengan visi indonesia dengan menjadikan SDM unggul tentu menjadi refleksi bagi kita semua jika pemerintah siap untuk mewujudkannya. Tentu sebagai warga Indonesia apa yang sudah kita siapkan menuju SDM unggul ?

Pada era industri 4.0 ini, umumnya perusahaan- perusahaan terus mencari SDM yang unggul, dan memiliki kemampuan di bidang masing-masing serta terus berinovasi sehingga dapat meningkatkan efektiviatas demi berkembangnya perusahaan tersebut. Selain itu ada hal-hal sederhana yang  patut untuk dilatih agar  menghadapi dunia kerja dimanapun, hal-hal sederhan itu adalah soft skill anda.

Banyak orang yang mengatakan bahwa nilai tertinggi tidak akan menentukan jika tidak memiliki soft skill. Soft skill adalah kemampuan di luar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal. Contohnya seperti kemampuan Anda berbicara di depan umum atau menjalin hubungan dengan rekan kerja. 

Setidaknya anda memiliki beberapa soft skill yang  membantu anda dalam pengembangan karier ke depan, misalnya: komunikasi yang baik, tentu sangat penting dalam kehidupan kerja nanti. 

Selain itu adanya rasa ingin tahu, inovatif, kreatif, dan belajar untuk menjadi pemimpin, kerja sama, kemampuan beradaptasi, dan manajemen waktu. Hal-hal sederhan ini setidaknya dibangun dari sekarang, sehinggga sudah menjadi kebiasaan pada saat di lingkungan kerja.  

VIDEO PILIHAN