Mohon tunggu...
anonymAR
anonymAR Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

5 Pemanfaatan Teknologi di Bidang Kesehatan

28 November 2018   11:38 Diperbarui: 28 November 2018   11:41 7673 0 0 Mohon Tunggu...

Kini, teknologi telah menyentuh berbagai bidang dan bisa membantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan transportasi dengan hadirnya Gojek, kemudahan berbelanja dengan menjamurnya marketplace seperti tokopedia dan bukalapak, hingga kini menjangkau dunia medis. Luar biasanya adalah, pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan ini menggunakan teknologi canggih dan terbilang baru seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Berikut, adalah 7 contoh pemanfaatan teknologi mulai dari untuk terapi, hingga pengobatan kanker:

1. Terapi Penyembuhan Autisme Dengan AR Glasses

Bagi penderita autisme, jenis interaksi sosial sehari-hari yang biasa kita anggap remeh dapat menjadi suatu tantangan yang sangat sulit untuk dihadapi. Kalau tidak segera diatasi dan dibiarkan begitu saja kesulitan tersebut akan terus berlarut-larut bahkan hingga dewasa dan mencapai lingkungan kerja. Sebuah perusahaan rintisan yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, menciptakan sebuat platform Augmented Reality yang dapat membantu para penderita autisme dalam berinteraksi dengan orang lain, sebuah kacamata pintar dengan teknologi pelacakan emosinya yang luar biasa.


Sistem Empower Me Memendapat predikat sebagai platform wearable smart ar glasses pertama di dunia yang dirancang secara khusus untuk membantu para penderita autisme. Teknologi ini berfungsi sebagai "pelatih digital". Dapat dijalankan pada Google Glass dan menyediakan berbagai permainan - dengan fokus pada membantu mereka yang menderita autisme dalam membangun keterampilan  yang penting dalam menjalani hidup.

AR teknologi di bidang kesehatan ini memiliki serangkaian aplikasi. Misalnya, dalam Tebak Emosional yang berorientasi pada anak-anak, pemain harus mengidentifikasi emosi yang berbeda dalam diri orang lain yang berada di sekitarnya dan kemudian mencocokkannya dengan emoji. Emosi di proses oleh kacamata pintar menggunakan teknologi pengenal wajah mutakhir, sehingga pemain dapat belajar berdasarkan orang-orang nyata, bukan avatar.

2. Pengobatan Alzheimer Dengan Teknologi Virtual Reality

Virtual Reality (VR) telah menjadi trend khususnya di industri hiburan, lebih khususnya lagi dalam industri game, termasuk Playstation yang kini sudah memiliki PS VRnya sendiri. Terus bagaimana dengan pemanfaatan teknologi di bidang kesehatan? Para dokter di rumah sakit Visiting Angels kini telah menggunakan Virtual Reality untuk pengobatan Alzheimer lho.

Larry Meigs selaku CEO dari RS Visiting Angels menyambut dengan baik akan potensi teknologi di bidng kesehatan untuk membantu para manula bisa hidup dengan lebih mudah, khususnya bagi para penderita alzheimer.

Dampak VR sudah dapat terlihat, meskipun dengan cara yang terbatas dalam bagaimana beberapa dokter dan peneliti mendiagnosis dan mengobati penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa gambarang tentang potensi Virtual Reality dalam mempengaruhi masa depan pengobatan Alzheimer dan Demensia.

Mendeteksi Resikonya Sejak Dini

Alzheimer telah menjadi sangat mudah dideteksi berkat teknologi VR. Pada bulan Oktober tahun lalu, ilmuwan perawatan Alzheimer dari Jerman menerbitkan sebuah studi di mana mereka menggunakan labirin virtual untuk membantu mendeteksi Alzheimer. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menguji orang-orang yang berusia antara 18 hingga 30 tahun dan meminta mereka mencoba untuk menavigasi labirin VR tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN