Mohon tunggu...
Annisa SekarWidari
Annisa SekarWidari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Mahasiswa Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Generasi Milenial Senang Belanja Produk Lokal Secara Online Selama Pandemi

10 Juni 2021   13:19 Diperbarui: 10 Juni 2021   13:28 78 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Generasi Milenial Senang Belanja Produk Lokal Secara Online Selama Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan Work From Home (WFH) sejak Februari 2020 hingga sekarang mengakibatkan terbatasnya aktivitas masyarakat. Hal ini mendasari perubahan orientasi belanja masyarakat dari belanja offline menjadi belanja online.  

Para pekerja pun tidak sedikit yang dirumahkan demi menjaga keberlangsungan hidup perusahaan pada situasi krisis seperti ini. Banyak brand-brand local yang bermunculan imbas dari banyaknya pekerja yang dirumahkan tersebut. Banyaknya produk lokal yang bermunculan dengan membawa tema yang segar dan tidak kuno membuat generasi milenial mulai menyukai produk dalam negri.

Menurut survey yang di ikuti oleh 41 responden yang tersebar di kota Yogyakarta, Jawa Tengah, dan beberapa kota lainnya. sebanyak 80,5% responden lebih sering melalukan belanja secara online melalui e-commerce yang ada. Perubahan metode belanja dari offline tak luput dari kebijakan pembatasan wilayah dari pemerintah yang menyebabkan tempat belanja tutup lebih awal. Harga yang lebih murah ditambah dengan diskon serta cashback yang ditawarkan membuat generasi milenial lebih tertarik belanja secara online.

Sebanyak 95,1% responden pernah belanja produk lokal sejak awal pandemi. Responden rata-rata membeli 4 barang produk lokal dengan alasan harga yang lebih murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan kualitas produk luar negri. Beberapa responden lain menyampaikan alasan membeli produk lokal untuk menyokong perekonomian Indonesia agar lekas pulih dan bentuk kecintaannya terhadap tanah air. Produk lokal yang produksinya di dalam negri dianggap tidak terlalu banyak kontak dengan orang lain sehingga mengurangi rantai penyebaran Covid-19.

Saran untuk brand lokal dari responden agar tetap bisa berdiri di masa krisis seperti ini adalah dengan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas agar tidak kalah saing dengan produk-roduk dari luar negri. Melakukan inovasi menviptakan produk kreatif dengan tema yang segar serta memberikan pelayanan yang ramah sehingga dapat meningkatkan loyalty konsumen.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN