Mohon tunggu...
Annisa rodhatul jannah
Annisa rodhatul jannah Mohon Tunggu... Lainnya - Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota 2018|Kompasianer 2021

Hobi dalam mengembangkan tulisan menjadi bernilai dan bermanfaat untuk pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Menjadi Surveyor Perdagangan di Kota Balikpapan

4 November 2022   09:58 Diperbarui: 4 November 2022   15:40 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pada mulanya aku bingung ga ada kegiatan dirumah sehabis bersih-bersih dan belum mendapatkan panggilan kerja. Setelah itu ada info di grup untuk ikut menjadi tenaga survey perdagangan. Wah menarik ya jadi aku ikutkan nama ku di list tersebut. 

Setelah itu ada pemberitahuan masuk ke grup dan di instruksikan wajib ikut breafing di hari Jum'at sehabis solat zuhur aku memulai untuk ikut breafing. Banyak juga yang ikut dalam membantu menjadi tenaga survey sekitar 10 orang dan tenaga IT juga. Dalam teknis survey sudah ada media yang disiapkan sebelumnya di 3 bulan yang lalu. Jadi kali ini melanjutkan saja di kecamatan Balikpapan Tengah dam Balikpapan Kota di daerah pusat perbelanjaan.

Pada saat itu aku mendapat zona no 8 di lokasi rapak sampai ke pertamina dan masuk ke jalan DI Panjaitan hingga ke persimpangan ke arah gunung samarinda. Ga terbayang gitu titik lokasinya berjauhan dan butuh beberapa hari untuk mendapatkan data. 

Jadi di hari pertama survey aku diantar mamaku sambil mencari responden dan saat itu agak susah karena sedikit yang bersedia di wawancara dan banyak menolak karena tidak paham dan tidak siap diwawancarai. Jadi aku dapat 4 responden dihari itu. Selepasnya aku langsung ikut menemani mamaku ke pasar belanja untuk jualan besok.

Kemudian di hari kedua survey aku melakukan sendirian dengan diantar ojek dan pulang diantar ojek. Jadi melanjutkan perjalanan survey daerah rapak sehingga mendapatkan total datanya 14 sama kemarin.

Besoknya aku lanjutkan lagi ke arah rajawali foto ke Jl.DI Panjaitan dengan jalan kaki dan banyak yang menerima untuk diwawancarai dan sedikit yang menolak. Tetapi aku tidak sampai sore surveynya karena kondisi badan lagi tidak fit aku putuskan untuk pulang beristirahat lagi dan lanjut besok untuk terkumpul hingga 35. Jadi aku titik terakhir di penjual gado2 sekalian makan siang juga disaat itu dan sambil berbincang sama penjualnya. Aku ditanya sama penjualnya "mba sudah berumah tangga kah?"

aku menjawab :" Oh belum bule saya masih single hehe".

Bulenya merespon lagi : "nda cari pacar kah mba,ngga pengen berumah tangga gitu? sini minta no wa mba buat saya kenalin ke orang".

Aku menjawab lagi :" saya mau fokus cari kerja dulu bule sama bahagiakan ortu dulu. Maaf bule belum bisa kasih dulu".

Sampai disitu baru sudah selesai berbincang-bincang dan nada dering hpku berbunyi:" oiya ma ini mau pulang habis makan ntr aku kedepan jemput ya mak". Tapi lucunya aku kelupaan bayar wkwk,sampai di panggil sama bulenya mba belum bayar kah tadi?

"maaf bule nisa kelupaan hehe makasih bule".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun