Mohon tunggu...
Annisa Nurul Koesmarini
Annisa Nurul Koesmarini Mohon Tunggu... Do Good, Feel Good

Saya Senang Membaca-Menulis-Menonton-Berbisnis Jika membaca diibarat menemukan harta karun. Maka menulis seperti menjaga harta karun itu tetap abadi. Menulislah dan biarkan tulisanmu mengikuti takdirnya - Buya Hamka

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hal yang Perlu Dilakukan agar Tetap Waras, Cerdas, dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid 19 yang Penuh Ketidakpastian

30 Juni 2020   20:44 Diperbarui: 30 Juni 2020   20:40 38 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal yang Perlu Dilakukan agar Tetap Waras, Cerdas, dan Kreatif di Tengah Pandemi Covid 19 yang Penuh Ketidakpastian
Kolaborasi Itu Penting (sumber gambar: rumahhokie.com)

Di tengah situasi Pandemi Covid 19 ini yang penuh dengan ketidakpastian atau orang menyebutnya dengan istilah VUCA, sangat penting buat kita untuk tetap menjaga kewarasan berpikir, tetap aktif dan produktif, tetap berkolaborasi agar kemudian bisa bangkit, ngepot di tikungan Covid 19 ini dan menang. 

Beberapa hal yang Saya pelajari dan coba lakukan agar tetap waras dan tetap kreatif di tengah pandemi Covid 19 ini antara lain :

  • Berkebun dengan Peralatan Seadanya di Lahan Rumah yang Secukupnya

Bercocok tanam dengan peralatan seadanya dan lahan secukupnya mungkin bisa jadi alternatif Sobat Kompasianer untuk mengatasi rasa bosan di rumah.

Sobat Kompasianer bisa mengambil bahan bekas botol atau bekas tempat telur di rumah, kemudian coba untuk berkebun daun bawang ataupun cabe, hasil panen dari cabe dan daun bawangnya nanti bisa digunakan sebagai teman makan mie. Atau Sobat Kompasianer bisa menanam sayuran seperti insight yang diberikan Bapak Muhaimin Iqbal dalam Webinar ini. Lumayan kan?

  • Manjakan Dirimu dengan Menjajal Resep Masakan Baru

Memasak adalah salah satu bentuk terapi anti stress dan anti bosan serta mudah dan murah yang bisa Sobat Kompasianer lakukan selama di rumah.

Sobat bisa memulainya dari mengecek kulkas dan melihat apa yang tersedia disana ataupun mengecek apa yang sedang panen di kebun organik yang sudah Sobat Kompasianer tanami tadi. Kemudian berselancar di Youtube untuk menemukan resep masakan baru yang belum pernah dibuat sebelumnya dan voillaa, segera eksekusi dan Sobat Kompasianer bisa bagikan ke tetangga atau share di Medsos Anda, siapa tahu ada yang tertarik dan mungkin memesan masakan buatanmu. Itu mungkin saja bisa jadi inspirasi untuk next business Anda kan?

  • Memberikan Sentuhan Baru di Ruang Kerja

Jika Sobat Kompasianer pernah membaca buku 'The Life Changing Magic of Tidying Up' atau Keajaiban Seni Berbenah ala Marie Kondo dan mempraktekkannya, pasti paham bahwa berbenah, membuang apa yang tidak dipakai, menyimpan barang yang mau dipakai, dan memberikan sentuhan baru di ruangan kita (seperti mengubah posisi meja dan kursi, menambahkan tanaman favorit, menambahkan aroma terapi), apalagi ruangan yang sifatnya produktif untuk bekerja, akan memberikan energi dan aura yang positif kepada kita.

  • Mengikuti Belajar Online via Zoom baik berupa Webinar, Online Training, maupun Online Workshop

Selama Work From Home (WFH) di rumah, Saya akhirnya terbiasa belajar dengan cara yang asyik dan seru, seperti melalui Youtube, Live IG dan FB, ataupun via Zoom Live. Sehari bisa 2 hingga 3 kali mengikuti webinar di Zoom, sesekali belajarnya via IG live, FB live, dan Youtube live.

Belajar di rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menantang, karena kita harus belajar fokus untuk menangkap isi materi dan juga fokus untuk mempertahankan daya tahan tersebut di tengah godaan ketika di rumah (misalkan suara bising orang di rumah dan peluang untuk rebahan yang sangat menggoda).

Seperti halnya mengikuti acara webinar atau sharing online yang diadakan oleh beberapa komunitas ataupun event planner yang Saya ikuti, seperti komunitas bisnis TDA (Tangan Di Atas), komunitas ICSB (International Council for Small Business), komunitas Business Hack, komunitas tenant Science Techno Park IPB University, dan komunitas ABS (Akademi Bisnis Syariah) Coach.

  • Membangun Kolaborasi Bisnis dengan Database Teman yang Jago Produksi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x