Mohon tunggu...
Annisa Nur Hidayati
Annisa Nur Hidayati Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Sedang menempuh pendidikan di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Memiliki ketertarikan pada bidang opini, puisi, wisata, tradisi, kuliner, dan tanaman.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Melihat Sisi Menarik Ketupat Menjadi Hidangan Khas Idul Fitri

12 Mei 2021   15:28 Diperbarui: 12 Mei 2021   15:39 386 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Sisi Menarik Ketupat Menjadi Hidangan Khas Idul Fitri
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sajian lebaran mulai menghiasi meja makan, ada berbagai jenis lauk pauk terhidang diatas meja makan. Tapi sepertinya ada yang kurang, beras kukus yang dililit dengan daun kelapa atau disebut sebagai ketupat.

Ketupat merupakan sajian unik yang selalu ada dalam tradisi lebaran di Indonesia, terdapat fakta-fakta menarik yang belum banyak diketahui tentang arti dari sebuah ketupat. Berikut fakta-faktanya

1. Pengakuan salah

Ketupat merupakan singkatan dalam frasa jawa "ngaku lepat" yang berarti mengakui segala kesalahan. Ada yang mengatakan sebagai "laku papat" atau empat tindakan. Laku papat terdapat pada tiap sisi pada ketupat yaitu lebaran, leburan, luberan dan laburan. Lebaran memiliki arti pintu ampunan yang terbuka terhadap kesalahan orang lain, luberan berarti memberikan sedekah pada orang yang membutuhkan, leburan berarti melebur dosa selama satu tahun yang telah dilalui dan laburan yaitu menyucikan diri, atau kembali fitri. Semua hal tersebut sangat berkaitan dengan sifat-sifat manusia.

2. Hadir sejak zaman Hindu Buddha

Sebelum penyebaran agama Islam di Nusantara, ketupat telah ada sebagai makanan masyarakat. Ini sebagai perwujudan rasa syukur rakyat pada keberhasilan panen. Warna kuning kehijauan pada ketupat melambangkan meminta perlindungan pada Tuhan. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa dengan memasang ketupat kosong di  depan pintu rumah dapat berguna sebagai tolak bala atau menjauhkan pengaruh negatif yang mencoba masuk.

3. Memiliki filosofi

Menurut Slamet Mulyono, dalam Kamus Pepak Basa Jawa menyebutkan, "Beras yang dimasukan ke dalam anyaman Ketupat melambangkan nafsu duniawi yang dijejalkan ke dalam wadah berbentuk Ketupat dan dianggap sebagai gambaran nafsu dunia yang dibungkus hati nurani," kata Slamet.

Bentuk Ketupat memiliki makna tersendiri menurut masyarakat Jawa. Diartikan sebagai kiblat 'papat limo pancer' atau empat penjuru mata angin yaitu Timur, Barat, Selatan dan Utara. Artinya, dimanapun kita berada, hendaknya tidak melupakan pancer atau arah kiblat saat melaksanakan ibadah salat.

Setelah mengetahui fakta menarik dari ketupat, berikut cara membuatnya  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN