Mohon tunggu...
Annisa Deyana
Annisa Deyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada

Seorang yang doyan mengreksplorasi segala hobi sebelum akhirnya kembali lagi ke literasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Tembus 1000an Chapter, Ini Alasan Manga One Piece Belum Tamat

11 Oktober 2021   06:57 Diperbarui: 11 Oktober 2021   07:03 1499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Toei Animation

Siapa, sih, yang tidak kenal sama manga paling laris sepanjang masa ini? Pasti sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat anime dan manga, nih. One Piece merupakan seri manga buatan Eiichiro Oda yang pertama kali dirilis di majalah Weekly Shounen Jump pada tanggal 22 Juli 1997. One Piece adalah manga dengan genre shounen yang mengusung tema petualangan bajak laut. 

Dengan terbitnya chapter ke-1000 pada 4 Januari lalu, One Piece ternyata sudah berjalan selama 24 tahun, lho! Panjang dan luasnya jalan cerita One Piece yang kini menjadi salah satu ciri khasnya membuat banyak orang bertanya-tanya,

Kenapa sampai sekarang One Piece belum tamat, ya?

Berikut 6 alasan mengapa One Piece masih berlangsung hingga sekarang:

1. Sangat populer
One Piece merupakan salah satu manga populer dengan jutaan pembaca yang tersebar di seluruh dunia. Tidak hanya itu, manga ini juga sangat ramai diminati di negara asalnya, Jepang. Wajar saja apabila tuntutan akan konten baru terus meningkat hingga kini.

2. World-building
Pengarang One Piece, Eiichiro Oda, membuat dunia One Piece sangat luas dan kompleks dengan beragam misteri, permasalahan, serta teka-teki yang harus dipecahkan. Setiap negara dan daerah yang dilalui juga memiliki ekosistem dan ciri khas masing-masing. Sehingga, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjelajahi dan mengedari tempat-tempat ini sebelum akhirnya tiba di tujuang akhir, yaitu Raftel.

3. Ribuan karakter
One Piece memiliki ribuan karakter dengan latar belakang yang berbeda-beda. Setiap arc dan saga yang ada selalu menampilkan karakter pendukung baru. Tidak jarang karakter-karakter ini mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing dengan peran penting pada cerita utama. Selain itu, One Piece juga mempunyai banyak karakter yang berposisi atau berstatus tinggi di dunianya yang menjadi penghalang bagi Luffy seperti Shichibukai (tujuh kelompok bajak laut), pemerintah dunia, tentara angkatan laut, Celestial Dragon (naga langit), Yonkou, dan masih banyak lagi.

4. Impian Luffy Tidak Mudah Diraih
Monkey D. Luffy, karakter utama di One Piece, mengibarkan cita-cita menjadi raja bajak laut sejak episode pertama hingga saat ini. Impiannya terbilang sangat tinggi dan susah untuk digapai mengingat world-building One Piece yang luas, rival bajak laut lain yang tidak sedikit, dan kekuatan Luffy yang harus diasah dari nol. Belum lagi ancaman dari pemerintah dan petinggi dunia. Sehingga, banyak langkah dan perjalanan panjang yang harus dilewati Luffy untuk merebut posisi raja bajak laut ini.

5. Plot utama dan plot cabang
Jalan cerita One Piece bisa dibilang terbagi menjadi dua, yaitu jalan cerita utama dan percabangannya. Jalan cerita utama tentu saja tentang upaya Luffy menemukan harta karun One Piece dan menjadi raja bajak laut. Namun dari jalan cerita utama ini, ada banyak percabangan yang saling berhubungan satu sama lain. Contohnya saja cerita tentang Arlong yang ternyata berkaitan dengan Fishman Island Arc atau Baratie Arc yang berhubungan dengan Whole Cake Island Arc.

6. Misteri yang belum terpecahkan
Akibat banyaknya karakter, luas dan kompleksnya world-building, serta plot yang bercabang membuat banyak misteri dalam One Piece belum terpecahkan. Misteri-misteri ini tentu akan memakan banyak waktu sebelum akhirnya bergabung menjadi satu kesatuan dalam plot utama. Misteri populer di One Piece yang bikin penggemar bertanya-tanya adalah identitas Joyboy, wujud harta karun One Piece, posisi dan peran Im, the will of D, dan masih banyak lagi teka-teki One Piece yang masih menggantung.

Itulah 6 alasan mengapa One Piece masih bertahan hingga sekarang. One Piece memang memiliki ribuan chapter manga, namun Eiichiro Oda berhasil membuat setiap chapternya asyik dan menegangkan. Sehingga tidak sedikit yang menanti-nanti chapter baru setiap minggunya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun