Mohon tunggu...
Annisa Ayu Maharani
Annisa Ayu Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Gunadarma

Halo perkenalkan nama saya Annisa Ayu Maharani. Saya merupakan mahasiswa dari Universitas Gunadarma.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Perempuan dalam Memerankan Dua Peran Gandanya di Kala Pandemi Covid-19: Menjadi Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir

17 Mei 2022   11:50 Diperbarui: 17 Mei 2022   18:18 137 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi perempuan berkarir dan ibu rumah tangga saat pulang kerja (Kompas.com/Hanna Meyra Anggitha)

Penulis: Annisa Ayu Maharani | Editor: Hanna Meyra Anggitha

Jakarta - Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa dahulu kala perempuan tidak memiliki hak untuk bebas berekspresi, bersuara, mendapatkan pendidikan yang setara dengan laki-laki, lebih-lebih bekerja dan hanya bisa untuk menikah dan melahirkan. 

Namun seiring berjalannya waktu dan dengan segala perjuangan yang telah dilakukan oleh kelompok perempuan, sekarang mereka bisa untuk melakukan itu semua. 

Tidak sedikit dari mereka yang bekerja dan berkarir. Bahkan kini perempuan bisa memerankan dua peran di saat yang sama, yaitu menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga.

Hampir 2 tahun lamanya pandemi COVID-19 melanda negara Indonesia. Berbagai dampak akibat virus tersebut telah dirasakan, dari terganggunya kesehatan hingga perubahan drastis rutinitas sehari-hari masyarakat. 

Salah satu dampak yang sangat menonjol dari adanya pandemi akibat virus COVID-19 ini yaitu merosotnya kondisi ekonomi sebagian besar masyarakat Indonesia

Hal tersebut menyebabkan masyarakat harus memutar balik otak memikirkan cara bagaimana mereka bisa bertahan hidup di kala pandemi ini. Tidak terkecuali perempuan, terutama mereka yang berperan ganda.

Memang sudah menjadi kewajiban bagi suami untuk memenuhi seluruh kebutuhan berumah tangga. Namun banyak sebagian wanita yang ingin ikut membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya dengan bekerja. Bukan suatu hal yang salah apabila laki-laki membiarkan perempuannya bekerja, selagi itu bukan sebuah paksaan melainkan suatu pilihan dan merupakan keinginannya sendiri.

Sama halnya seperti narasumber yang sempat saya wawancarai bersama kawan saya pada Selasa (19/04/2022). Erna Maryana, seorang perempuan berusia 37 tahun yang memiliki 2 orang anak memilih untuk menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga.

Menurutnya memilih untuk menjadi wanita karir selain karena sudah menjadi keinginannya sendiri adalah untuk membantu perekonomian rumah tangga dan tidak mau merepotkan pasangannya, khususnya di masa pandemi ini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan