Mohon tunggu...
ANNISA
ANNISA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Semester 7

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Gotong Royong bersama Warga, Penghijauan Lahan Kosong dan Pemasangan Poster Tata Cara Membuat Filtrasi Air

9 Agustus 2022   21:22 Diperbarui: 9 Agustus 2022   21:51 115 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Bersama Setelah Kegiatan Gotong Royong/dokpri

Tahun 2022 Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kembali Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagaimana perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Tahun ini UPI mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM. SDG’s desa ini didalamnya terdapat 18 pokok program yang merujuk pada kearifan local. Sebanyak 7.089 mahasiswa mengikuti KKN tematik ini. Para mahasiswa ini dikelompokkan sesuai domisilinya masing-masing.

Kelompok 94 KKN tematik Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Katapang Kabupaten Bandung dalam kurun waktu 11 Juli 2022 hingga 10 Agustus 2022. 

Adapun tema dalam KKN kelompok 94 ini adalah Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi. Layak Air bersih dan sanitasi adalah kebutuhan dasar manusia. Salah satu poin dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) pada sektor lingkungan hidup adalah memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi.

Dengan tema yang telah diberikan dari kampus, kelompok 94 melaksanakan program kerja yang berhubungan dengan tema tersebut. Salah satu program kerja yang dilaksanakan ialah pada hari Minggu, 31 Juli 2022 mahasiswa ikut serta dalam kegiatan gotong royong di wilayah RW 04 Kampung Leuweung Kaleng Desa Katapang. Selain ikut serta dalam gotong royong, mahasiswa juga laksanakan penghijauan lahan kosong dan pemasangan poster tata cara membuat filtrasi air secara sederhana.

Sebelum melakukan penghijauan dan pemasangan poster filtrasi air, mahasiswa kelompok 94 melaksanakan kegiatan gotong royong terlebih dahulu yang masih di wilayah RW 04 Desa Katapang. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutinan juga untuk menyambut kegiatan HUT-RI pada 17 Agustus nanti.

Pemasangan Poster/dokpri
Pemasangan Poster/dokpri

Seperti yang dikatakan oleh Sekretaris RW 04 yang sebelumnya kami temui mengatakan, “Kebetulan memang akan ada kegiatan gotong royong rutinan juga sebagai persiapan untuk kegiatan perlombaan kebersihan HUT-RI antar RW di Desa Katapang.” Ujar Pak Rino.

Pemasangan poster tata cara membuat filtrasi air ini bertujuan agar warga Desa Katapang khususnya RW 04 lebih memperhatikan kembali kualitas air di setiap rumahnya. Juga selaku upaya akan peduli pemeliharaan air bersih. 

Karna memang menurut keterangan salah satu warga kualitas air di RW 04 ini masih ada yang kualitasnya kurang jernih. “Memang di beberapa rumah masih ada yang sumber airnya kurang jernih atau keruh, mereka hanya melakukan pengendapan terhadap air tersebut sebelum digunakan” Ujar bu Tina salah satu warga di RW 04.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan