Mohon tunggu...
TAMILUDDIN
TAMILUDDIN Mohon Tunggu... Lainnya - .

.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Berita SDA: Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Gelar Rapat Persiapan Hari Krida Pertanian Ke-50 Tahun 2022

26 Januari 2022   19:34 Diperbarui: 14 Februari 2022   20:21 273 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
BERITA SDA: Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Gelar Rapat Persiapan Hari Krida Pertanian Ke-50 Tahun 2022

Dalam rangka peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) Tingkat Provinsi Jambi yang Ke-50 Tahun 2022. Pemerintah Provinsi Jambi, melalui Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi menggelar rapat persiapan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, Instansi Vertikal dan  berbagai unsur terkait, sebagai langkah awal dalam menyukseskan Peringatan HKP Tahun 2022 yang sudah dua kali tertunda karena pandemi Covid-19.

BERITA SDA: Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Gelar Rapat Persiapan Hari Krida Pertanian Ke-50 Tahun 2022
BERITA SDA: Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Gelar Rapat Persiapan Hari Krida Pertanian Ke-50 Tahun 2022

Rapat persiapan dilaksanakan di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi pada hari Rabu, (26/01/22) rapat ini dipimpin Asisten II, Bapak Ir. Agus Sunaryo, M.Si dan didampingi oleh Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Johansyah, SE,. M.E  serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi  Ir. H. Amir Hasbi, M.E.  Rapat ini juga diikuti oleh para peserta dari unsur OPD Lingkup Pertanian Provinsi Jambi, OPD Lingkup Pertanian Kabupaten/Kota, Bagian Perkenomian dan SDA  Kabupaten/Kota, Ketua KTNA Provinsi dan Kabupaten/Kota serta berbagai unsur Instansi Vertikal lainnya.

Agus Sunaryo  menjelaskan bahwa beberapa kegiatan yang harus dipersiapkan, terkait dengan Peringatan HKP yang ke - 50 Tahun 2022 ini, diantaranya adalah kesiapan dan dukungan anggaran leading sektor dan calon tuan rumah. Mengacu kepada Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 273/KEP.GUB/SETDA.PSDA-3.2/2020 tentang Penetapan Tuan Rumah dan Leading Sektor Kabupaten/Kota Peringatan Hari Krida Pertanian Tingkat Provinsi Jambi, dan mengingat Tahun  2022 pada bulan dan tahun yang sama akan diselenggarakan PENAS XVI Tahun 2022 di Sumatera Barat  yang menjadi leading sektor untuk Provinsi Jambi adalah Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, maka sesuai surat Sekretaris daerah Nomor S- 1258  /SETDA.PRKM-2.1/VI/2021 tanggal 04 Juni 2021 Leading Sektor HKP pada Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jambi dialihkan kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Lebih lanjut Agus Sunaryo  menjelaskan bahwa sesuai dengan Surat Gubernur Jambi Nomor S- 1638 /SETDA.PRKM-2.1/VII/2021 tanggal 22 Juli 2021 tentang Pembatalan Pelaksanaan Hari Krida Pertanian (HKP) Ke-49 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 di Kabupaten Merangin, Pelaksanaan kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) Ke-49 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 yang seyogyanya akan dilaksanakan di Kabupaten Merangin tertunda karena pandemi Covid-19

BERITA SDA: Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Gelar Rapat Persiapan Hari Krida Pertanian Ke-50 Tahun 2022
BERITA SDA: Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi Gelar Rapat Persiapan Hari Krida Pertanian Ke-50 Tahun 2022

Pada Kesempatan tersebut Calon tuan rumah Kota Jambi, menjelaskan bahwa anggaran untuk peringatan HKP Ke- 50 Tahun 2022 di Kota Jambi belum tersedia pada ABPD Murni Tahun 2022, dan memberikan kesempatan kembali Kabupaten Merangin untuk menjadi tuan rumah. begitu juga penjelasan dari leading sektor Provinsi Jambi Dinas Ketahanan Pangan juga belum mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut.

Sementara itu kepala Biro Perekonomian setda Provinsi Jambi Johansyah menjelaskann " Bahwa Pemerintah Provinsi Jambi terus berkomitmen untuk menyukseskan HKP yang ke-50 Tahun 2002 mengingat  Hari Krida Pertanian (HKP) merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati, mawas diri, hari penghargaan dan berdharma bakti bagi masyarakat petani, yang diperingati setiap tahun. Selain itu juga sebagai evaluasi terhadap keberhasilan pembinaan bidang pertanian yang didukung oleh semua pemangku kepentingan (stake holder) yang terlibat".  Lanjut Johansyah "bahwa sudah dua tahun HKP tidak dilaksanakan di Provinsi Jambi,  karena adanya pendemi covid 19, mudah mudahan tahun ini bisa terlaksana seiring dengan melandainya penyebaran virus Covid-19.

Hari Krida Pertanian Tingkat Provinsi Jambi  menjadi momen penting sebagai hari penghargaan kepada orang, keluarga, dan masyarakat yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di sektor pertanian, dengan adanya HKP diharapkan dapat mendorong munculnya cipta karsa dan karya yang lebih besar dan berguna terwujudnya swasembada pangan yang berkelanjutan. (tami SDA)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan