Mohon tunggu...
Annisa Dwi Handayani
Annisa Dwi Handayani Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030106)

Become A Great Muslimah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Flora: Matoa, Buah Langka Beribu-ribu Manfaat

22 Mei 2022   02:11 Diperbarui: 22 Mei 2022   06:09 135 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Foto : totabuan.news

Matoa adalah Buah khas dari Papua yang memiliki nama latin Pometia Pinnata. Tinggi pohon Matoa ini sekitar 18 Meter, dan biasanya berbuah hanya setahun sekali. Pohon Matoa banyak terdapat di Papua, hampir seluruh penduduk di dataran rendah Papua menanam pohon ini. Selain di Papua, Indonesia, buah Matoa ini juga ternyata banyak juga yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Pohon Matoa juga dapat di kembangkan dengan 2 cara, yaitu dengan menanam biji nya dan yang kedua bisa dengan cara mencangkoknya.

Ada yang bilang, buah Matoa ini rasanya seperti Durian, ada juga yang mengatakan bahwa rasa buah ini seperti Kelengkeng dan ada juga yang mengatakan buah Matoa ini memiliki rasa seperti Buah Campedak. Dengan kekayaan rasa dan tekstur buahnya yang unik ini, matoa bisa di konsumsi secara langsung setelah di kupas, agar bisa menjaga rasa khas dari buah ini serta dapat merasakan manfaat dan nutrisi yang ada di dalamnya.  Ternyata, bukan hanya rasanya saja yang unik, bahkan bentuknya pun juga cukup unik. Bentuknya seperti buah Rambutan, namun kulit luar dari buah Matoa ini tidak berambut, melainkan hanya polos dan sedikit keras.

Buah Matoa juga kaya akan vitamin C dan vitamin E, dimana Vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, dan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, Buah Matoa ini juga sangat tinggi kandungan air dan mineralnya, bukan hanya dagingnya Bahkan Daun dan Biji dari buah manis ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Adapun Buah Matoa ini memiliki 2 macam jenis, yaitu 

1. Matoa Kelapa, Biasanya Matoa ini berwarna hijau dan daging buahnya kenyal serta kering.

2. Matoa Papeda, Biasanya Matoa ini berwarna merah keunguan dan daging buahnya yang lembek serta sedikit lengket. 

Buah Matoa ini termasuk buah yang mempunyai daya tahan yang lama, sehingga tidak jarang orang-orang menjadikannya sebagai oleh-oleh.  Ternyata buah Matoa ini tidak  hanya terkenal karena keunikannya saja, tetapi karena memiliki banyak manfaat dan khasiat juga, seperti Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral, Vitamin C yang terkandung dalam buah ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan terbentuknya radikal bebas. Juga Membantu Mencegah Penyakit Kronis, Buah Matoa ini dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti

1. Penyakit Jantung

2. Stroke

3. Diabetes dan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan