Mohon tunggu...
Ansara
Ansara Mohon Tunggu... wiraswasta -

Suka Musik, Sejarah dan Fotografi FB Annie Sabri, Twitter @4nsar4

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Miss Lebanon Bikin Gempar Gegara Selfie Bareng Miss Israel

19 Januari 2015   18:32 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:49 213 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_391700" align="aligncenter" width="576" caption="Miss Israel, Miss Libanon Selfie sumber foto missosology.org"][/caption]

Kasihan juga nasib Saly Greige (Miss  Lebanon) hanya karena selfie bareng Doron Mataron (Miss Israel) dia dihujat di Lebanon dan mungkin bakal dipecat dan dikirim pulang kenegaranya. Padahal fotonya tidak hanya berdua saja ada kontestan lain yaitu Miss Slovenia dan Miss Jepang ikut foto bareng. Foto selfie itu diunggah Doron ke media sosial sejak itu Saly bikin heboh Libanon.

Merasa nasibnya terancam, Saly berusaha membela diri dengan mengatakan bahwa selama ikut acara Miss Universe 2015 yang diselenggarakan di Miami, Amerika Serikat, dia selalu menghindari Miss Israel sebisa mungkin. Menurut Saly, Foto Selfie itu terjadi diluar dugaannya, Doron tiba-tiba melompat kearah dia dan 2 miss lainnya yang sedang ngerumpi, lalu Doron menjepret kameranya dan Saly tidak sempat lari. Tapi banyak juga komentar di beberapa media yang menuduh Saly pengecut dan coba menyalahkan Miss Israel atas kasus Selfie itu. Kisruh antara Lebanon dan Israel di ajang Ratu-ratuan ini bukan yang pertamakali, tahun 2002 Christina Sawaya, Miss Lebanon nolak ikut Miss Universe hanya karena ada Yamit Hay Nor, Miss Israel disitu.

Sebenarnya aneh juga ya, kalau kita perhatikan acara kontes Ratu Dunia (Miss Universe, Miss World atau Miss-miss yang lainnya) biasanya sih para kontestan saat dapat pertanyaan dari juri, ujung-ujungnya selalu bilang akan mengupayakan perdamaian dunia sambil tersenyum manis. Tapi baru selfie bareng 2 negara yang berseteru aja, langsung heboh. Mana tuh semboyan "world Peace"nya??

Jadi ingat film Miss Congeniality (2010) yang diperankan dengan apik oleh Sandra Bullock, difilm itu Sandra Bullock berperan sebagai agen FBI yang menyamar ikut acara kontes Ratu. Film itu bertema komedi dan menyindir acara ajang Ratu-ratuan. Di film itu Sandra harus dipermak habis dari seorang polisi tomboy jadi kontestan yang anggun. Salah satu adegan paling nyentil di film itu adalah adegan yang memperlihatkan bahwa para finalis ajang Ratu-ratuan iru selalu mengakhiri setiap jawaban yang ditanyakan oleh para juri dengan kalimat "World Peace"... Terbukti sekarang kalimat perdamaian dunia itu hanya pemanis bibir saja... inilah adegan sindirian yang bikin nyengir tentang sindiran kalimat "World Peace itu" (lihat cuplikan filmnya disini >Miss Congenialty "World Peace" scene )

[caption id="attachment_391719" align="aligncenter" width="435" caption="Miss Israel, Doron Matalon vs Miss Lebanon Saly Greige foto cnn.com"]

1421640421264394705
1421640421264394705
[/caption]

Sekilas Tentang Hubungan Israel dan Lebanon

Israel dan Lebanon memang tidak pernah akur dari dulu walaupun Lebanon tidak ikut gabung dengan negara Arab lainnya berperang dengan Israel pada tahun 1967 dan 1973 tapi ketegangan antara kedua negara itu dimulai sejak perang sipil di Lebanon dimulai tahun 1975-1990. Sebelum perang sipil terjadi, Lebanon adalah negara multisektarian, Muslim Sunni dominan di Lebanon tapi pemerintahan dikuasai Kristen Maronit dan Lebanon Utara dikuasai Muslim Shiah.  Pernah terjadi perang antara Muslim Sunni dan Kristen maronite pada tahun 1958 tapi situasi di Lebanon masih relatif stabil.

Ketika negara Israel terbentuk tahun 1948, sejak saat itu ratusan ribu pengungsi Palestina mulai memasuki wilayah Lebanon dan hal itu cukup mempengaruhi situasi politik dalam negri Lebanon. Apalagi setelah PLO diusir dari Jordan (akibat peristiwa Black September 1970-1971) konfilik mulai terjadi antara PLO dan Phalangist (Kristen Maronite)  yang berakibat fatal. Peristiwa yang paling terkenal adalah pembantaian pengungsi Palestina di Shabra dan Shatila yang menewaskan ribuan pengungsi Palestina. Israel dituding jadi dalang pembantaian itu karena pada tahun 1982 pasukan Israel memasuki wilayah Lebanon untuk memburu PLO, tapi Israel berkelit dan balik menuduh yang bertanggung jawab atas pembantaian itu adalah partai Phalangist Lebanon.

Sejak saat itu ketegangan antara Israel dan Lebanon semakin meningkat apalagi setelah PLO dan kelompk radikal lainnya seperti Fatah, Hezbollah dll bergerilya di berbagai kamp pengungsi Palestina di Lebanon sedikitnya hal itu mampu mempengaruhi para penduduk asli di Lebanon untuk memusuhi Israel. Akibatnya hubungan antara kedua negara tidak harmonis walaupun perjanjian perdamaian pernah diupayakan beberapa kali namun perjanjian itu bagaikan symbol belaka dalam realita kedua negara itu selalu berseteru.

Kembali ke masalah Miss Universe, semoga saja selfie Miss Israel dan Miss Lebanon ini tidak bakal mengancam keselamatan jiwa mereka berdua dan sebaliknya mungkin keakraban mereka berdua bisa menginspirasi para pemimpin Israel dan Lebanon untuk berdamai...

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan