Mohon tunggu...
Anne Grace
Anne Grace Mohon Tunggu... Human being

Learn and Grow

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Belajar 3 Seni Beristirahat dalam Proses Self Healing

10 Juni 2021   17:00 Diperbarui: 10 Juni 2021   17:30 114 23 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar 3 Seni Beristirahat dalam Proses Self Healing
Adjie Santosoputro, praktisi kesehatan mental. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Adjie Santosoputro merupakan seorang Praktisi Kesehatan Mental Tanah Air. Dirinya aktif membagikan ilmu tentang kebahagiaan hingga ketenangan mental melalui training, workshop, dan seminar. Adjie memiliki minat besar terkait kesembuhan luka batin, mengistirahatkan pikiran, serta hidup sadar berbahagia. Karena itulah, dirinya menjadi seorang praktisi mindfulness.

Melalui Channel Youtubenya Adjie Santosoputro TV  beliau membagikan 3 Seni Beristirahat dalam proses memulihan diri:

1. Istirahat Membandingkan Diri

Setiap orang adalah unik. Kita masing-masing memiliki kemampuannya sendiri. Setiap orang memiliki rute perjalanan dan waktu yang berbeda. Namun, seringkali di masyarakat kita menemukan standar-standar semu, seperti lulus kuliah di umur sekian, di umur segini sudah menikah, di umur segini punya anak dan masih banyak lagi.

Kita perlu mengingatkan diri untuk mulai mengurangi membandingkan diri pada orang lain dan fokus pada kelebihan masing-masing tanpa perlu menutupi kelemahan kita.

2. Istirahat dari Kesenjangan Keinginan dan Kemampuan

Ada saat dimana keinginan kita terlalu besar namun kemampuan terlalu kecil. Hal inilah yang akan memicu kita untuk stress, jatuh, dan terjungkal. Contoh sederhana, ketika A ingin menjadi penyanyi tetapi kemampuan suara jauh dari kata merdu dan enggan untuk mengasahnya.

Sebaliknya, ada saat dimana keinginan kita relalu kecil, namun kemampuan terlalu besar. Ini yang biasa disebut malas dan menimbulkan perasaan menyesal. Contohnya ketika si B memiliki kemampuan untuk mengolah bisnis, namun tidak memiliki seamangat dan akhirnya keampuan itu menjadi sia-sia.

Kita perlu menemukan keseimbangan antara keinginan dan kemampuan. Di dalam hidup kita perlu tahu mana yang perlu di gas dan mana yang perlu di rem.

3.  Istirahat dari Merasa Diri Paling Benar

Berhentilah menganggap bahwa orang lain itu pasti salah. Sadar tidak sadar kita sering terjebak seperti itu dengan mengukur segala sesuatu menurut ukuran kita sendiri. Ketika kita mengukur sepatu orang lain menurut ukuran sepatu kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x