Mohon tunggu...
Annastasia Momuat
Annastasia Momuat Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro

S1 - Farmasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Maraknya Penggunaan Suplemen Kesehatan dan Herbal saat Pandemi, Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi Mengenai Cara Penggunaannya yang Tepat

10 Agustus 2020   01:58 Diperbarui: 10 Agustus 2020   11:23 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Maraknya Penggunaan Suplemen Kesehatan dan Herbal saat Pandemi, Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi Mengenai Cara Penggunaannya yang Tepat
Penempatan booklet di meja-meja concierge dan resepsionis di The Bellezza Permata Hijau. (Sumber: Galeri penulis)

Jakarta (10/08). Pandemi COVID-19 yang sedang melanda sekarang ini banyak memberikan dampak yang signifikan. Salah satunya adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Tim II 2019/2020 pada tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus 2020 yang akhirnya dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing, atau yang disebut dengan "KKN Pulang Kampung". 

Masa pandemi ini membuat masyarakat berusaha keras untuk menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan baik berupa vitamin maupun herbal. Berdasarkan survey dan diskusi di lokasi KKN yaitu di The Bellezza Permata Hijau, Jakarta Selatan, sebagian masyarakat menganggap bahwa semakin banyak suplemen kesehatan yang dikonsumsi baik dalam bentuk vitamin maupun herbal, maka semakin baik pula dalam menjaga daya tahan tubuh. Hal ini mendorong mahasiswa KKN untuk mengadakan program edukasi mengenai cara penggunaan suplemen kesehatan dan herbal yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi COVID-19 ini. 

Edukasi dilakukan secara langsung kepada masyarakat di The Bellezza. Kegiatan edukasi ini disambut dengan hangat dan antusias oleh penghuni, pengunjung, serta karyawan. Masyarakat menuturkan bahwa program yang dibawa sangat bermanfaat dan sangat sesuai dengan situasi pandemi saat ini. 

Edukasi kepada penghuni, pengunjung, serta karyawan di The Bellezza. (Sumber: Galeri Penulis)
Edukasi kepada penghuni, pengunjung, serta karyawan di The Bellezza. (Sumber: Galeri Penulis)

Edukasi kepada karyawan The Bellezza. (Sumber: Galeri penulis) 
Edukasi kepada karyawan The Bellezza. (Sumber: Galeri penulis) 

Edukasi juga dilakukan dalam bentuk presentasi kepada karyawan-karyawan The Bellezza. Mereka berpendapat bahwa edukasi ini sangat bermanfaat karena diperolehnya informasi baru bahwa semakin banyak mengkonsumsi suplemen kesehatan bukan berarti semakin baik pula dalam menjaga daya tahan tubuh. Suplemen kesehatan harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang ditetapkan dan dianjurkan hanya untuk mereka yang membutuhkan tambahan nutrisi dari luar. Nutrisi utama yang bisa kita dapatkan adalah melalui makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Dengan diadakannya program KKN ini diharapkan masyarakat dapat menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin, khususnya dalam masa pandemi COVID-19 ini.

VIDEO PILIHAN