Mohon tunggu...
Annas AlFiani
Annas AlFiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Annasalfiani

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penguatan Pembelajaran Daring Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva

1 Agustus 2021   08:45 Diperbarui: 1 Agustus 2021   08:51 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penguatan Pembelajaran Daring Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Depok- Sistem pendidikan di Indonesia mengalami tantangan baru yang disebabkan adanya wabah virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia dari bulan Maret 2020 hingga saat ini,sehingga seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan yang sebelumnya di lakukan di luar jaringan (luring) dialihkan kepada metode pembelajaran dalam jaringan (daring). Dengan diberlakukannya pembelajaran daring banyak guru,siswa, dan orangtua yang merasa kesulitan terutama dalam penggunaan teknologi. 

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Annas Al Fiani yang merupakan salah satu anggota kelompok 6 KKN Tematik UPI 2021 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Muhammad Hanif,S.Pd.,M.Pd. melalui kegiatan KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 dalam program Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan melakukan kegiatan penguatan pembelajaran daring dengan melakukan pelatihan kepada guru MI Sirojul Athfal dalam penggunaan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran digital. 

Canva merupakan platfrom berbasis web yang biasa digunakan untuk membuat berbagai desain menarik, canva memiliki banyak Template, grafis, font, dan tools lainnya yang dapat digunakan dalam membuat desain. Dengan Penggunaan platfrom canva baik canva pro atau canva for-education guru dapat memiliki akses ribuan template pendidikan berkualitas. Pemanfaatan aplikasi canva dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran digital seperti presentasi interaktif,komik pembelajaran,e-modul, poster pendidikan, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari penggunaan aplikasi canva memungkinkan digunakan secara berkolaborasi antara siswa yang satu dan yang lainnya, atau antara guru yang satu dan yang lainnya karena aplikasi canva dapat dikerjakan bersamaan walaupun dalam keadaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dengan menyeting pengaturan tim saling mengedit.

Salah satu guru MI Sirojul Athfal yang mengikuti kegiatan Pelatihan Ibu Yuly mengatakan “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dan kreativitas guru, agar guru dapat membuat media pembelajaran yang bervariatif dan tidak monoton”. Ungkapnya.  

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatan kemampuan dan kreativitas guru khususnya guru MI Sirojul Athfal dalam membuat media pembelajaran yang menarik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN