Mohon tunggu...
Ana Putri Suriyanto
Ana Putri Suriyanto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

UBT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Multibudaya Bangsa Indonesia

20 September 2020   07:52 Diperbarui: 20 September 2020   11:27 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai, perkenalkan nama saya Ana Putri, alumni dari SMA Negeri 3 Tarakan, Kalimantan Utara, lulusan pada tahun 2020.


SMA Negeri 3 Tarakan memiliki siswa siswi yang beragam, mulai dari ras, suku dan agama bercampur menjadi satu disekolah kami. Semua membaur saling sapa, senyum dan sopan serta menghormati kepada sesama walaupun berbeda warna kulit, rambut dan kepribadian. Hal ini yang terus diajarkan oleh dewan guru pada kami siswa siswi SMA Negeri 3 Tarakan agar selalu menjunjung tinggi toleransi dan sikap saling menghormati kepada sesama.

Bagaimana interaksi saya dengan teman berbeda suku bangsa? Tentu saja ini menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan pada saya. Interaksi saya pada teman saya yang berbeda suku bangsa hingga saat ini masih baik baik saja dan tetap terjalin erat, bertambah menyenangkan karena mereka memiliki cara tersendiri untuk menyuarakan pendapat, tetap menghormati mereka dan begitu pula sebaliknya. Perbedaan ini bukanlah suatu halangan bagi persahabatan saya dengan mereka.

Memiliki teman yang berbeda ras, suku, dan agama tentu saja membuat saya dapat mengetahui lebih banyak keberagaman budaya Indonesia, melalui mereka juga saya belajar untuk menghormati dan menerapkan nilai toleransi kepada sesama. Saya memiliki beberapa teman dari suku yang berbeda, kesan mereka dalam hidup saya sungguh sangat berharga, mereka berperan penting dalam kehidupan saya. 

Mereka membantu saya di saat saya sedang kesulitan, mereka menyemangati saya pada saat saya gagal dengan suatu hal, mereka mengingatkan saya untuk terus beribadah sesuai agama yang saya yakini walaupun kami berbeda keyakinan, mereka memberikan pendapat dan masukan di saat saya sedang bimbang dengan keputusan saya. Mereka benar benar sudah sudah seperti saudara untuk saya, tak ada satupun kerugian saat saya mengenal mereka.

Apakah anda menyadari bahwa anda hidup dalam kehidupan multibudaya Indonesia?
Ya tentu saja, saya sangat sadar saya hidup dalam kehidupan multibudaya di Indonesia. Lingkungan yang memahami arti pentingnya menghargai dan juga mengetahui perbedaan yang ada di sekitar kita. 

Lingkungan yang tertanam rasa peduli terhadap sesama dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya apalagi Indonesia adalah Negara yang kaya dengan keberagaman budaya. Semua ini tercermin pada saat di kelas, dengan adanya pendidikan multikultural seperti ini siswa dapat pemahaman dan menanamkan rasa toleransi terhadap orang lain, pendidikan multikultural ini juga melatih siswa untuk menghargai perbedaan di sekelilingnya dengan begitu cara ini dapat menunjukan kehidupan masyarakat yang harmonis dan merupakan suatu usaha untuk menghindari perpecahan.

Apakah anda setuju penggunaan bahasa daerah di sekolah?
Bahasa persatuan kita adalah Bahasa Indonesia, maka sebaiknya kita gunakan pada saat di sekolah. Jika melakukan penggunaan bahasa daerah di sekolah maka sedikit banyaknya akan menuai pro dan kontra. Jika setuju dengan bahwa penggunaan bahasa daerah dalam komunikasi sehari hari maka akan menunjukan kurangnya rasa nasionalisme seseorang dan semakin sering seseorang menggunakan bahasa daerah maka akan menjadi semakin lekat dengan bahasa tersebut dan kurang familiar dengan bahasa Indonesia. 

Tetapi sebaliknya pula penggunaan bahasa daerah menunjukan bahwa seseorang mencintai jati dirinya dan komitmen melestarikan budaya leluhur. Hal ini sama sekali tidak melunturkan nilai nasionalisme karena Bahasa Indonesia sekalipun terdiri dari berbagai bahasa daerah.

Bagaimana pendapat anda tentang pembelajaran suku bangsa Indonesia dengan berbagai ragam aktivitasnya penting untuk di pelajari?
Sangat bermanfaat sekali, selain untuk menambah wawasan ilmu, pembelajaran suku bangsa juga memberikan arti penting untuk siswa siswi agar mencintai keberagaman bangsa Indonesia, keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang sangat berharga, kekayaan yang di wariskan turun temurun oleh leluhur dan tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya.

Bagaimana berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa?
Berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa haruslah menggunakan bahasa yang sopan, tidak menyinggung apalagi menghina. Menghormati dan menghargai serta tidak membeda-bedakannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun