Mohon tunggu...
Anna Mukhayaroh
Anna Mukhayaroh Mohon Tunggu... Dosen Program Studi Sistem Informasi di STMIK Nusa Mandiri

Anna Mukhayaroh, M.Kom

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi Hidup Sehat dan Kebersihan Lingkungan oleh STMIK Nusa Mandiri bagi Warga Kramat Sentiong

23 Desember 2020   15:50 Diperbarui: 23 Desember 2020   17:34 46 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Hidup Sehat dan Kebersihan Lingkungan oleh STMIK Nusa Mandiri bagi Warga Kramat Sentiong
Dok. pribadi

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia. Saat ini terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia. Menurut data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Republik Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif hingga 21 Desember 2020 adalah 664.930 orang dengan jumlah kematian 19.880 orang. Covid-19 dapat ditularkan melalui percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita COVID-19 bersin atau batuk, memegang mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita COVID-19. Oleh karena itu pentingnya menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

STMIK Nusa Mandiri sebagai salah satu Perguruan Tinggi swasta di Indonesia turut serta dalam membantu masyarakat untuk mewaspadai tingginya tingkat penularan virus Covid-19. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat STMIK Nusa Mandiri mengadakan sosialisasi hidup sehat dan kebersihan lingkungan melalui aplikasi animasi bagi warga RT 04/06 Kramat Sentiong, Jakarta.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 November 2020 tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Serangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya sosialisasi hidup sehat melalui sebuah aplikasi animasi yang berisi pesan agar tetap menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan kepada para masyarakat, melakukan aksi kebersihan lingkungan untuk masyarakat yang membutuhkan karena dampak dari virus Covid-19, dan pembagian masker, hand sanitizer untuk masyarakat.

Dosen dan mahasiswa dari STMIK Nusa Mandiri sangat bersemangat dalam melakukan kegiatan sosialisasi hidup sehat ini. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari beberapa Warga/Masyarakat Rukun Tetangga 004/006, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Selama kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting para peserta sangat antusias menyimak arahan dari dosen STMIK Nusa Mandiri tentang sosialisasi hidup sehat dan kebersihan lingkungan, diantaranya cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menggunakan masker dan demo animasi hidup sehat yang dilakukan oleh mahasiswa STMIK Nusa Mandiri.

Perwakilan warga RT 04/06 Kramat Sentiong, Jakarta mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi hidup sehat melalui sebuah aplikasi animasi yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa STMIK Nusa Mandiri sangat bermanfaat sehingga warga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x